okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 29 Dec 2011 11:14:42 GMT | By rani, okezone.com

Rusia: Malapetaka 2012 Adalah Konflik Iran & AS



Rusia: Malapetaka 2012 Adalah Konflik Iran & AS

MOSKOW - Duta Besar Rusia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Vitally Churkin meyakini, ancaman terbesar dunia pada 2012 mendatang adalah eskalasi konflik antara Iran dan Amerika Serikat (AS).

Iran mengancam akan menutup Selat Hormuz yang menjadi pasokan migas dunia, dan AS pun meresponsnya dengan ancaman lain. Peristiwa ini dinilai cukup menarik atensi komunitas internasional dan meningkatkan kekhawatiran akan pecahnya peperangan antara dua rival tersebut.

"Ini merupakan skenario yang sangat berbahaya. Kami yakin, solusi damai akan tetap ada," ujar Churkin seperti dikutip RT, Kamis (29/12/2011)

Churkin juga menambahkan, Rusia khawatir bila Iran menciptakan senjata nuklir, namun Rusia tidak menginginkan "perang" menjadi solusi dalam penyelesaian kasus Iran. Churkin menegaskan, Rusia tetap konsisten akan pendiriannya dan akan mencoba untuk menghindari malapetaka yang akan muncul pada 2012 mendatang.

Menurut Churkin, salah satu peristiwa besar pada 2011 ini adalah perang Libya. Meski perang itu sudah berakhir, aktivitas dari Dewan Keamanan PBB masih tetap berlangsung. Beberapa anggota DK PBB termasuk Rusia sudah mendesak agar diadakannya penyelidikan terhadap para warga sipil yang tewas dalam perang Libya.

Inisiatif itu muncul ketika New York Times mengklaim, ada puluhan warga sipil yang tewas akibat bombardir dari pesawat tempur North Atlantic Treaty Organization (NATO). Rusia pun mendesak agar penyelidikan itu segera dilakukan guna membantu para korban perang Libya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    739 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.084 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    167 respon

Total Respon: 3.990
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft