okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 21 Dec 2011 11:21:27 GMT | By rani, okezone.com

Inilah Segitiga Kekuatan Korut



Inilah Segitiga Kekuatan Korut

BEIJING - Pemimpin baru Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akan membagi kekuasaannya dengan pamannya dan juga militer untuk setelah ayahnya meninggal dunia. Pembagian ini kemungkinan akan meminimalisir resiko kudeta militer di negeri komunis itu.

Pejabat militer Korut yang saat ini mencoba untuk membangun kekuatan nuklir sudah berjanji agar tetap setia kepada Kim Jong Un. Militer Korut juga dikabarkan tengah berkonsolidasi untuk mendukung suksesi kepemimpinan Korut.

Menurut sumber dari China, tanpa adanya figur yang kuat seperti Kim Jong Il, Korut harus membagi kekuatannya ke dalam tiga pihak, Kim Jong Un, Paman Jang Song-Thaek, dan militer. Paman Jang adalah saudara ipar dari Kim Jong Il, dirinya pun ditunjuk sebagai Pimpinan Komite Pertahanan Nasional Korut pada 2009. Paman Jang adalah suami dari Kim Kyong Hui, bibi Jong Un, yang selalu tampil sebagai pelindung Jong Un. Demikian seperti diberitakan Reuters, Rabu (21/12/2011).

Seiring dengan makin memburuknya kondisi kesehatan Kyong Hui, suaminya-lah yang akan bergerak menjadi mentor Jong Un dalam memimpin negara.

Pada saat berita kematian Kim tersiar di media massa, Korut tampak menunjukkan sikap tegasnya dengan melakukan uji coba misil. Uji coba senjata itu merupakan pesan dari Pyongyang kepada Amerika Serikat (AS) agar Paman Sam tidak mencampuri urusan Korut. Uji coba misil itu juga tidak ditujukan untuk meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea.

"Dengan uji coba misil itu, Korut ingin menunjukkan bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mempertahankan diri. Korut tampaknya tidak akan lagi melakukan uji coba senjata nuklir kecuali negeri komunis itu mendapat provokasi dari AS dan Korea Selatan (Korsel)," ujar sumber yang tak mau disebut identitasnya.

Senjata nuklir Korut dibangun ketika negeri komunis itu dipimpin oleh Kim Jong Il. Senjata itu juga tampak menjadi sumber ancaman dunia. korut sendiri mundur dari dialog six party yang melibatkan Korsel, AS, China, Jepang, dan Rusia.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    758 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.166 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    171 respon

Total Respon: 4.095
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft