okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 15 Dec 2011 16:23:31 GMT | By fnugraha, okezone.com

Satelit AS Tangkap Gambar Kapal Induk China



Satelit AS Tangkap Gambar Kapal Induk China

DENVER - Sebuah satelit komersil milik Amerika Serikat (AS) berhasil menangkap gambar dari kapal induk milik China di Laut China Selatan. Kapal tersebut diketahui tengah berlayar di luar perairan China.

DigitalGlobe Inc mengatakan, satelit mereka berhasil mengambil foto dari kapal induk terbaru milik China itu. Berdasarkan keterangan foto, citra kapal itu diambil pada 8 Desember lalu. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (15/12/2011).

Direktur DigitalGlobe Stephen Wood mengatakan keyakinannya bahwa itu memang kapal induk China. Ini dilihat dari lokasi dan tanggal dari foto. Kapal yang dibeli dari Ukraina itu tengah dapat pelayaran uji coba saat fotonya diambil.

Citra satelit ini diambil oleh DigitalGlobe yang memiliki kantor di Colorado. Mereka menjual citra satelit dan analisis kepada klien seperti militer AS, tim penyelamat dan perusahaan swasta.

Kapal induk Varyag milik China ini memang menarik perhatian banyak pihak. Beroperasinya kapal induk tersebut menandakan meningkatnya kekuatan militer China di laut.

Kapal tua bekas Uni Soviet yang baru saja selesai dipugar ini dibeli oleh China 10 tahun lalu, tanpa senjata ataupun mesin kapal serta kelengkapan lainnya.

Kapal ini sebelumnya dimiliki oleh Uni Soviet. Namun, saat negara komunis itu bubar kepemilikan Varyag berpindah ke Ukraina. China membawa kapal ini pelabuhan Dailan untuk direnovasi kembali.

Menurut kabar, China berencana untuk membeli empat kapal induk lainnya untuk memperkuat Angkatan Laut mereka. Beijing mengatakan kapal akan digunakan untuk pelatihan dan penelitian.

Ambisi China untuk mengoperasikan kapal induk memicu kekhawatiran dari pihak negara tetangga. Hal ini tidak lepas dari ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.455 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.606 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    349 respon

Total Respon: 8.410
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft