okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 14 Dec 2011 11:27:50 GMT | By rani, okezone.com

Filipina Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan



Filipina Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan

MANILA - Filipina mengirimkan kapal perang tua buatan Amerika Serikat (AS), U.S. Coast Guard Cutter yang merupakan kapal perang terbesar dan paling modern yang dimiliki oleh Filipina ke Laut China Selatan.

Presiden Filipina Benigno Aquino menyaksikan upacara keberangkatan kapal tersebut. Bagi Aquino, kapal itu menunjukkan adanya proses modernisasi militer Filipina di tengah banyaknya hambatan yang muncul.

"Sebagai negara kepulauan, penting bagi Filipina untuk menjaga kedaulatan wilayahnya. Kapal perang dan peralatan militer yang sudah usang tidak akan kami gunakan lagi," ujar Aquino, seperti dikutip Associated Press, Rabu (14/12/2011).

Upacara keberangkatan kapal itu juga disambut oleh band dari Angkatan Laut Filipina, pendeta dari Gereja Katolik Roma juga tampak memercikkan air suci di atas pelabuhan.

Kapal perang itu dilengkapi dengan senjata anti-serangan udara dan diperbaharui dengan menambahkan sebuah landasan helikopter. Sebanyak tiga pesawat tempur juga menyambut kapal itu dan para pejabat militer juga membuka anggurnya.

Angkatan Laut Filipina juga mengatakan, mereka akan mengerahkan kapal barunya ke perairan Palawan yang kaya akan gas alam.

Belakangan ini, Filipina memang tampak memperkuat diri dalam pertahanan maritimnya, sama halnya yang dilakukan oleh China. Kedua negara itu mengklaim wilayah di Laut China Selatan, perseteruan pun selalu muncul antara China dan Filipina.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.381 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.271 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    325 respon

Total Respon: 7.977
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft