okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Sat, 26 Nov 2011 12:42:36 GMT | By fnugraha, okezone.com

Iran Mampu Buat Kapal Induk



Iran Mampu Buat Kapal Induk

TEHERAN - Kepala Angkatan Laut Iran Laksamana Habibullah Sayyari mengatakan bahwa negara mampu membangun kekuatan laut. Sayyari mengklaim Iran mampu membangun sebuah kapal induk.

"Angkatan Laut Iran memiliki segala peralatan untuk membangun kapal induk. Akan tetapi, saat ini hal tersebut bukanlah prioritas utama," jelas Laksamana Sayyari seperti dikutip IRNA, Sabtu (26/11/2011).

Menurut Sayyari, Angkatan Laut Iran terus membuat perkembangan baik dalam memproduksi ataupun mengembangkan kapal selam serta kapal perang. "28 November mendatang, tiga kapal selam baru akan memperkuat angkatan laut kami," jelasnya.

Sayyari menambahkan bahwa pihaknya memiliki rencana strategis untuk menambah kekuataan mereka di Laut Mediterania hingga 21 Maret mendatang.

Sejak tahun lalu, AL Iran memang terus meningkatkan keterlibatan mereka di perairan internasional. Secara rutin, kapal-kapal perang milik Iran terus berlayar di Samudera Hindia dan Teluk Aden. Mereka melindungi kapal-kapal dagang Iran dari bajak laut Somalia.

Memang, sejak November 2008 lalu, AL Iran turut serta dalam patroli anti-bajak laut di Teluk Aden. Hal ini mereka lakukan saat kapal kargo milik Iran, MV Delight dibajak oleh pembajak Somalia.

Tidak hanya itu, Iran juga mengirim dua kapal ke Laut Mediterania melalui Terusan Suez Februari lalu, hanya untuk membuat berang Israel dan Amerika Serikat (AS).

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    765 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.203 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    172 respon

Total Respon: 4.140
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft