okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 22 Nov 2011 08:24:59 GMT | By fnugraha, okezone.com

Sekjen Asean: Keketuaan Indonesia Cukup Baik



Sekjen Asean: Keketuaan Indonesia Cukup Baik

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asean Surin Pitsuwan mengatakan, keketuaan Indonesia di Asean cukup baik. Dirinya menilai Indonesia memiliki beberapa prestasi yang patut dihargai.

"Saya tidak dapat mengatakan keketuaan Indonesia di Asean mengecewakan. Keketuaan Indonesia di Asean cukup baik. Indonesia merupakan negara yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah konflik dan lainnya," ujar Surin pada Asean Post Summit Briefing, di kantor Sekretariat Jendral Asean, Selasa (22/11/2011).

Menurutnya, Indonesia cukup proporsional dalam menjadi Ketua Asean. Indonesia juga merupakan satu-satunya negara Asean yang tergabung dalam negara G-20. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia sangat berbobot dalam hal-hal diplomatik.

Sekjen Asean itu menilai, Indonesia sangat lihai untuk menangani berbagai kasus yang ada di komunitas internasional. Indonesia juga memiliki pandangan yang baik untuk masa depan Asean.

Keketuaan Asean saat ini dipegang oleh Kamboja. Surin pun berencana akan mengadakan lawatan ke Kamboja pada 2012 mendatang, untuk mendiskusikan sejumlah agenda terkait keketuaan Kamboja di Asean.

Penyerahan mandat keketuaan Asean ke Kamboja dilakukan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhonono pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-19 di Bali, dua hari yang lalu.

(faj)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.136 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.242 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    453 respon

Total Respon: 6.831
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft