Merdeka Dunia News Feed
Updated: Mon, 28 Jan 2013 21:18:00 GMT | By Merdeka Dunia News Feed

Mursi nyatakan Mesir dalam keadaan darurat



Berita Satu


MERDEKA.COM,


Presiden Mesir Muhammad Mursi kemarin menyatakan negeri Piramida itu saat ini dalam keadaan darurat dan akan memberlakukan jam malam di tiga provinsi. Langkah ini diambil Mursi setelah meletupnya kerusuhan yang menyebabkan puluhan orang meninggal.


Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Senin (28/1), keadaan darurat itu berlaku efektif malam ini di provinsi Port Said, Suez, dan Ismailia, selama 30 hari ke depan. Mursi juga mengatakan dirinya siap mengambil langkah lebih lanjut untuk menghalau ancaman bagi keamanan Negeri Dua Sungai itu.


Dia menjelaskan pemberlakuan jam malam di tiga provinsi itu akan sama yakni mulai pukul sembilan malam hingga enam pagi. "Saya telah katakan, saya sebetulnya menentang tindakan darurat. Namun, jika saya harus menghentikan pertumpahan darah dan melindungi orang banyak maka saya akan mengambil tindakan."


Mursi memperingatkan dirinya juga siap mengambil langkah tegas jika kerusuhan yang terjadi sejak tiga hari lalu itu tidak berakhir. Dia mengatakan dirinya tidak akan ragu-ragu mengambil tindakan lebih jauh sebab hal ini sudah menjadi tanggung jawab dia.


Mursi juga dikabarkan akan mengadakan pertemuan dengan kelompok oposisi dan pemimpin politik di seantero Mesir hari ini. Dia mengatakan tidak ada jalan lain selain melakukan dialog. "Saya telah memutuskan untuk mengundang semua pemimpin politik untuk melakukan dialog hari ini. "


Pernyataan dikeluarkan Mursi terkait adanya keadaan darurat ini diambil setelah unjuk rasa atas kasus kerusuhan sepakbola terjadi tahun lalu makin meluas hingga menyebabkan enam orang meninggal dan sedikitnya 460 orang cedera.


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.770 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.118 respon
  3.  
    6 %
    Tidak tahu
    411 respon

Total Respon: 6.299
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft