JPNN
Updated: Mon, 26 Nov 2012 04:50:00 GMT | By JPNN

Zionis Rugikan Ekonomi Palestina Rp450 Miliar



JPNN

GAZA--Delapan hari serangan Israel di Gaza telah menimbulkan kerugian ekonomi senilai USD300 juta atau sekitar Rp450 miliar bagi Palestina.

Palestina Chamber of Commerce juga menyerukan agar Jalur Gaza ditetapkan sebagai daerah bencana ekonomi, karena terjadi kerusakan pertanian, kesehatan dan sektor sosial.

Ditaksir kerugian wilayah agraria tersebut sebanyak USD120 juta. Selain itu Palestina juga menderita kerugian USD 40 juta akibat terhentinya kegiatan ekonomi selama delapan hari serangan Israel. Sedangkan sisanya akibat dari kehancuran bangunan dan infrastruktur yang terganggu oleh serangan udara Israel.

Menurut laman berita xinhua (25/11), konsekuensi ekonomi dari serangan juga memperingatkan pentingnya pembukaan isolasi Israel di Gaza sesuai gencatan senjata yang mengakhiri operasi Rabu lalu.

Selain kerusakan ekonomi, Israel juga membunuh 168 penduduk sipil Palestina. Tel Aviv mulai menyerang Gaza minggu lalu dengan tujuan menghentikan perjuangan Hamas.

Namun, operasi darat dihentikan setelah upaya diplomatik internasional yang ditengahi Mesir, memaksa diadakannya kesepakatan gencatan senjata.

Perjanjian ini menetapkan bahwa perbatasan harus dibuka untuk memfasilitasi pergerakan orang dan barang.

Lalu lintas warga juga tidak boleh dibatasi, sementara semua faksi-faksi Palestina akan menghentikan semua permusuhan dari Jalur Gaza terhadap Israel, termasuk serangan roket dan semua serangan sepanjang perbatasan. (Esy/jpnn)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.884 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.016 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    699 respon

Total Respon: 7.599
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft