JPNN
Updated: Sun, 09 Mar 2014 05:33:00 GMT | By JPNN

Temukan Dua Lokasi Tumpahan Minyak di Laut Vietnam



JPNN
KUALA LUMPUR - Tanda-tanda tentang lokasi hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 di Laut China Selatan mulai muncul. Otoritas penerbangan sipil Vietnam melihat dua titik di lautan yang terlihat seperti tumpahan minyak dalam sekala besar.

Menurut otoritas penerbangan sipil Vietnam, tumpahan minyak itu layak dicurigai berasal dari Boeing 777-222 milik Malaysia Airlines yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing dini hari tadi. Tumpahan minyak itu ditemukan di sekitar 140 meter di sebelah selatan Pulau Tho Chu di selatan Vietnam.

Dua titik tumpahan minyak itu masing-masing sepanjang 10 km dan15 km. Jarak antara kedua titik sekitar 500 meter.

Seperti dikutip laman The Star, tumpahan itu terlihat konsisten dengan jenis bahan bakar pesawat yang mengangkut 239 orang dari KL menuju Beijing itu. Meski demikian, belum ada kepastian bahwa tumpahan minyak itu memang berasal dari MAS.

Terpisah, Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan bahwa fokus saat ini adalah pada upaya pencarian dan penyelamatan di lokasi terakhir MH370 melakukan kontak. “Setelah berbicara dengan berbagai instansi, kami memutuskan untuk memperluas pencarian,” katanya dalam jumpa pers di sebuah hotel dekat Kuala Lumpur nternational Airport.

Lebih lanjut Najib mengatakan, dukungan tambahan terus dilakukan demi operasi pencarian dan penyelamatan. Malaysia mengerahkan 15 pesawat dari angkatan udara, enam kapal dari Tentara Laut Diraja, plus tiga kapal lainnya dari Badan Keamanan Maritim di negeri jiran itu.

Najib menambahkan, Vietnam, Tiongkok, Singapura dan Amerika Setrikat juga membantu proses pencarian. “Kami melihat segala kemunginan dan terlalu dini untuk berspekulasi tentang apa yang terjadi,” ucapnya.(ara/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.302 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.285 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    467 respon

Total Respon: 7.054
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft