JPNN
Updated: Tue, 18 Jun 2013 03:55:00 GMT | By JPNN

Singapura dan Malaysia Dapat Kiriman Kabut Asap



JPNN
SINGAPURA - Hari ini kabut asap tebal yang berasal dari kebakaran hutan di Sumatera kembali menyelimuti Singapura. Akibatnya, polusi di negara yang dikenal bersih itu meningkat tajam dan diperkirakan terus memburuk.

Berdasarkan laporan agensi lingkungan hidup Singapura, NEA, tingkat polusi udara sejak siang tadi sudah melampaui batas "tidak sehat". Pada level ini warga biasanya akan mulai mengalami gangguan kesehatan.

"Biasanya masalahnya iritasi tengggorokan, iritasi mata, batuk dan kesulitan bernafas," ujar dokter spesialis pernafasan Rumah Sakit Mount Elizabeth, Ong Kian Chung seperti dikutip dari Skynews, Senin (17/6).

Sebanyak 138 titik panas yang diduga sebagai kebakaran hutan di wilayah Pulau Sumatera terpantau oleh NEA pada hari Minggu (16/6) lalu. Asap dari kebakaran hutan itu terbawa angin ke wilayah Singapura dan Malaysia.

Sementara itu di Malaysia, polusi akibat kabut asap paling parah terjadi di wilayah negara bagian Pahang, Trengganu dan Malaka. Di ibu kota Kuala lumpur, tingkat polusi juga meningkat tetapi masih dalam ambang batas normal.

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak menghimbau warganya mengenai serangan asap ini melalui akun Facebook. Menurutnya, situasi masih akan memburuk beberapa hari ked epan seiring dengan masih kencangnya hembusan angin dari wilayah Sumatera.

"Harap kurangi kegiatan di luar ruangan dan banyak-banyak minum air putih selama masa ini. Kesehatan harus menjadi prioritas nomor satu untuk semuanya," tulis Najib dalam akun Facebook miliknya. (dil/jpnn)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.920 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.112 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    717 respon

Total Respon: 7.749
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft