JPNN
Updated: Thu, 04 Apr 2013 13:55:00 GMT | By JPNN

Putri Raja Spanyol Tersangka Korupsi



JPNN
MADRID--Citra Kerajaan Spanyol tercoreng skandal korupsi. Rabu (3/4) Pengadilan Palma de Mallorca menetapkan putri kedua Raja Juan Carlos I dan Ratu Sofia, Putri Cristina alias Duchess of Palma de Mallorca, sebagai tersangka kasus korupsi yang melibatkan sang suami, Inaki Urdangarin.

Adik kandung Putri Elena alias Duchess of Lugo tersebut segera menjalani pemeriksaan kasusnya di pengadilan. "Putri Cristina akan menjalani sidang pertama pada 27 April mendatang," tulis surat kabar El Pais.

Hakim Jose Castro mengungkapkan bahwa perempuan 47 tahun itu diduga kuat terlibat dalam skandal korupsi sang suami. Apalagi, saat skandal tersebut terjadi, dia menjabat anggota dewan direksi pada dua perusahaan Urdangarin. Pengadilan yakin ibu empat anak itu mengetahui tindakan suaminya.

"Hakim menduga, Putri Cristina tahu bahwa sang suami menggunakan nama dan reputasi baiknya demi keuntungan finansial perusahaan-perusahaannya," ujar koran berbahasa Spanyol tersebut. Karena tidak pernah melaporkan aksi kriminal sang suami, dia lantas diseret menjadi tersangka. Kemarin Kerajaan Spanyol tidak bersedia untuk berbicara soal kasus yang menimpa kakak kandung putra mahkota Pangeran Felipe alias Price of Asturias tersebut.

Urdangarin dan mantan rekan bisnisnya, Diego Torres, menyelewengkan dana yang dialirkan pemerintah setempat untuk Noos Institute. Alih-alih mendanai kegiatan lembaga tersebut, dia memakai dana itu untuk menyelenggarakan berbagai event olahraga. Selain itu, mantan atlet olimpiade tersebut juga menggunakan dana publik untuk kepentingan pribadinya.

Sejak Desember lalu, Kerajaan Spanyol menonaktifkan Urdangarin dari segala aktivitas yang berkaitan dengan monarki. Namun, pria 45 tahun itu membantah segala tuduhan terhadap dirinya. Dia bersikukuh bahwa dia tidak bersalah. Sejauh ini, pengadilan juga belum menjatuhkan dakwaan apapun terhadap Urdangarin. Dia baru berstatus sebagai tersangka.(AP/CNN/BBC/hep/dwi)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.952 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.189 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    434 respon

Total Respon: 6.575
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft