JPNN
Updated: Thu, 27 Feb 2014 21:23:00 GMT | By JPNN

NASA Temukan 4 Planet Mirip Bumi



JPNN
BISAKAH kita pindah ke Planet lain? Pertanyaan ini masih terlalu dini diajukan, tapi setidaknya sekarang ditemukan empat eksoplanet alias planet yang berada di luar orbit tata surya kita, yang sangat mirip dengan Bumi.

Inilah laporan terbaru hasil penelitian teleskop Kepler milik badan antariksa Amerika NASA. Sejak 2009 telah ditemukan 715 planet yang mengorbit di 305 bintang di luar tata surya yang berpusat orbit di Matahari.

Dengan tambahan penemuan itu, berarti sekarang telah diketahui ada hampir 1.700 eksoplanet di jagad raya kita.

Sebagian besar eksplanet tersebut lebih kecil dari planet Neptunus - yang ukurannya empat kali dari planet Bumi. Empat eksoplanet tersebut ukurannya 2,5 kali Bumi dan berada pada orbit yang jaraknya memungkinkan di sana ada air yang tidak membeku.

Tim periset NASA yang menemukan planet-planet tersebut tidak menguraikan apakah pada planet-planet tersebut adalah gumpalan gas atau berwujud seperti bola air raksasa.

Asosiat administratur dari Direktorat Misi Sains NASA John Grunsfeld yang mengumumkan penemuan tersebut mengatakan tim Kepler terus mengejutkan kita dengan hasil perburuan planet yang mereka lakukan.

"Planet-planet baru dan tata surya baru yang ditemukan tampak mirip dengan Bumi kita itu, meramalkan masa depan yang gemilang ketika nanti kita fungsikan James Webb Space Telescop di antariksa untuk menelusuri karakter dunia baru itu," katanya.

The James Webb Space Telescope dicadangkan untuk mengganti teleskop Hubble pada tahun 2018 untuk membantu saintis mencari galaksi-galaksi pertama di alam semesta, dan memerika kemunculan sistem-sistem planet baru.

Menurut NASA, tidak mudah memastikan keberadaan 715 ini. Para peneliti menggunakan teknik berbasis-logika yang disebut verifikasi dengan multiplisitas. Intinya adalah,

Makalah yang menjelaskan secara detail tentang penemuan tersebut akan dipublikasikan secara resmi di Astrophysical Journal pada Maret nanti.(thewire/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.281 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.714 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.297
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft