JPNN
Updated: Thu, 10 May 2012 20:31:00 GMT | By JPNN

Kanada Buru Jaringan Pembobol Kartu Kredit



JPNN

MONTREAL - Kepolisian Kanada Rabu (9/5) kemarin mengumumkan penangkapan 45 orang anggota sindikat penipuan internasional. Mereka diduga telah mencuri lebih dari USD 100 juta dari rekening tabungan nasabah bank pemegang kartu debit atau kredit di Kanada.


Para tersangka dijaring dalam serangkai penggerebekan oleh anggota Kepolisan Nasional -biasa disebut Royal Canadian Mounted Police- di tiga kota sekaligus yakni Montreal, Ottawa dan Vancouver. Juru bicara kepolisian mengungkapkan bahw apihaknya sudah menyiapkan 61 surat penangkaan terhadap pelaku yang hampir semuanya warga negara Kanada.

Sebagaimana dilaporkan AFP Kamis (10/5), jaringan penipuan itu beroperasi di Inggris, Australia, Selandia Baru, Malaysia dan Tunisia. Mereka biasa membagi-bagi tugas, termasuk mensurvei lokasi ATM dan menaruh alat skimmer untuk merekam data kartu pengguna ATM.

Selain itu beberapa dari mereka juga biasa meretas jaringan komputer di tempat perbelanjaan untuk mencuri data kartu kredit pembeli yang nantinya akan dipindahkan ke kartu palsu. Setelah informasi yang ada didalam kartu kredit atau debit para korban dipindahkan ke kartu palsu, para tersangka akan menggunakan kartu-kartu tersebut untuk mengeruk uang para korban.

Akibat ulah tersebut, para tersangka didakwa melakukan penipuan, pencurian identitas, dan pemalsuan.(ara/jpnn)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.369 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.207 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    322 respon

Total Respon: 7.898
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft