JPNN
Updated: Mon, 09 Dec 2013 04:12:00 GMT | By JPNN

AS Peringati Serangan Jepang ke Pearl Harbor



JPNN
HAWAII - Sekitar 2.500 orang berkumpul di Pearl Harbor, Hawaii Sabtu (7/12) untuk mengenang mereka yang tewas dalam serangan Jepang tahun 1941. Serangan mendadak itu memicu Amerika Serikat memasuki Perang Dunia Kedua.

Sekitar 50 orang yang selamat dalam serangan di Pearl Harbor, hadir untuk mengikuti upacara tersebut. Mereka mengheningkan cipta pukul 7.55 pagiatau jam yang sama dengan mulainya pemboman oleh Jepang 72 tahun lalu.

Suara sebuah pesawat kuno era Perang Dunia II SNJ-5B Amerika Utara tahun 1944 yang ikut tampil pada acara itu memecah keheningan. The Hawaii Air National Guard yang biasanya menggunakan pesawat-pesawat tempur dan helikopter untuk melakukan pertunjukkan, kali ini terpaksa absen lantarab pemangkasan anggaran federal.

Menurut laman ABC, Sabtu (7/12), acara yang didukung The Navy and National Park Service itu dibuka untuk umum. Tema acara tahun ini adalah “Sound the Alarm” yang menunjukkan bagaimana warga AS menjawab panggilan setelah terjadinya serangan.

"Amerika mengenang peringatan tersebut dari mereka yang selamat," ujar Komandan Armada Pasifik AS, Laksamana Harry B. Harris Jr.

Acara itu juga dihadiri mantan senator Max Cleland dari negara bagian Georgia menyampaikan pidato. Veteran Perang Vietnam itu saat ini menjabat sebagai Ketua The American Battle Monuments Commission yang bertanggung jawab mengurus pemakaman tentara AS yang gugur di luar negeri.

Sabtu malam, mereka yang selamat dalam serangan Pearl Harbor itu akan mengikuti parade gabungan bersama pejabat-pejabat militer dan pemerintah melewati jalan-jalan di Waikiki. (esy/jpnn)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.260 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.125 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    878 respon

Total Respon: 9.263
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft