Updated: Wed, 15 Aug 2012 16:08:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal Dunia

Survei: Ateisme di AS Meningkat



Berita Satu

BERITASATU.COM - Dalam beberapa tahun terakhir, kepercayaan terhadap agama di Amerika Serikat menurun sementara penganut ateisme terus meningkat.

Survei global bertajuk The Global Index of Religiosity and Atheism, disebutkan persentase warga AS yang mengaku religius menurun dari 73 persen pada 2005 menjadi 60 persen pada 2012.

Sebaliknya, warga Amerika yang mengaku ateis meningkat dari 1 persen ke 5 persen dalam rentang waktu sama.

Metode survei oleh WIN-Gallup International dilakukan tersebut melalui mewawancara dengan sekitar 50.000 orang dari 57 negara serta lima benua. Pertanyaan yang diajukan adalah "Apakah Anda mereka seorang religius, tidak religius atau seorang ateis?"

"Hasil survei ini merupakan implikasi dari merebaknya gerakan Ateis Baru," kata sosiolog agama Universitas Tampa, Ryan Cragun.

Ia pribadi tidak percaya dengan hasil survei tersebut. Menurutnya, orang-orang sebenarnya tidak menjadi ateis, tetapi mereka hanya ingin disebut ateis.

"Untuk waktu yang lama, religiusitas menjadi karakter utama dari identitas orang-orang Amerika. Tetapi, perkembangan yang ada saat ini adalah orang cenderung tidak ingin disebut sebagai seseorang yang religius untuk mendefinisikan apa yang disebut sebagai orang baik," ungkapnya.

Kemungkinan lain, meningkatnya ateisme disebabkan usaha-usaha yang terorganisir dari kelompok-kelompok ateis di AS, yang mendorong para penganut ateis untuk berani berbicara terbuka.

Dalam survei tersebut, China tercatat sebagai negara dengan penganut ateisme tertinggi sebesar 47 persen, lalu Jepang dengan 31 persen, Republik Cheska sebesar 30 persen dan Prancis dengan 29 persen.

Sementara negara yang paling religius adalah negara-negara di Afrika, seperti Ghana, Nigeria, Kenya.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.293 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.214 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    887 respon

Total Respon: 9.394
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft