Tue, 12 Feb 2013 20:04:12 GMT | By Merdeka

8 Fakta Unik Paus Benediktus XVI

Doyan minum soda hingga sepatu Prada.


Paus Benekditus XVI (© Reuters)

Pemimpin tertinggi umat Katolik sejagat Paus Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya kemarin seperti dilansir BBC (11/2). Pelbagai media menyoroti sepak terjang Paus 85 tahun ini.

Dia memang sosok pemimpin konservatif. Pandangannya mengenai hidup dalam ajaran Yesus Kristus dipegang teguh olehnya termasuk menentang pernikahan sesama jenis, menentang feminisme berlebihan, namun juga mendukung penggunaan kondom meski dalam batasan yakni untuk mengontrol ledakan penduduk bumi.

Posisinya memang tinggi di Vatikan namun ternyata dia punya kebiasaan tidak jauh dari orang biasa. Situs dailyrecord.co.uk pernah menuliskan minuman kegemaran lelaki bernama Joseph Ratzinger ini tak lain soda merek Fanta rasa jeruk.

Paus bahkan menghabiskan minuman itu empat kaleng saban harinya. Jika dihitung-hitung berarti dia meneguk 1460 kaleng Fanta jeruk setiap tahun. Beberapa orang terdekatnya menduga ada kaitannya dengan kampung halaman sang pemimpin lantaran merek itu asli dari Jerman.

Sementara makanan kesukaan Paus yakni keju mozarella dari susu banteng. Kedengarannya memang tidak biasa namun itulah fakta seperti dilansir situs adnkronos.com. Setiap ada petinggi Katolik dari berbagai negara datang, mereka mempersembahkan keju ini untuk Benediktus XVI.

Harga keju ini cukup mahal dibanding terbuat dari susu sapi biasa. Meski demikian seluruh jajaran Vatikan selalu mengupayakan tersedianya keju ini demi sang pemimpin.

Paus juga penggemar kucing dan hobi membaca buku. Dia pun mendengarkan musik klasik sepeti Wolfgang Amadeus Mozart dan Sebastian Bach. Mungkin dia satu-satunya paus tidak ketinggalan zaman lantaran memiliki pemutar musik iPod dari perusahaan Apple serta aktif di jejaring sosial Twitter dengan akun bernama pontifex. Selera berbusananya pun kelas wahid. Selentingan mengatakan, dia memakai sepatu merek Prada, label kelas dunia dan diincar para pemuja mode.

Benediktus XVI menguasai sepuluh bahasa dunia termasuk Inggris, Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugis, hingga latin klasik. Tak salah jika dia termasuk Paus paling berpengaruh di banyak negara dunia.

[din]

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.387 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.290 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    328 respon

Total Respon: 8.005
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft