Republika Online
Updated: Tue, 30 Jul 2013 13:55:03 GMT

Peluang Perbankan Syariah Indonesia Lebih Besar dari Malaysia



Peluang Perbankan Syariah Indonesia Lebih Besar dari Malaysia

Peluang Perbankan Syariah Indonesia Lebih Besar dari Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berkesempatan besar menjadi pasar perbankan syariah terbesar di dunia bahkan dibandingkan Malaysia. Ini terlihat dari jumlah penduduk Muslim Indonesia yang merupakan terbanyak di dunia.

"Walau perbankan syariah di Indonesia masih baru, tetapi momentumnya kuat. Insya Allah suatu hari akan menjadi pasar perbankan syariah terbesar di dunia," kata Presiden Direktur Maybank Syariah, Norfadelizan Abd Rahman, kepada ROL di Jakarta, Senin (29/7).

Dia berujar perbankan syariah Malaysia lebih besar karena negara tersebut telah lebih dulu mempraktikkan perbankan syariah. "Meski persentase market share perbankan syariah Indonesia masih kecil yaitu 5 persen, tetapi volumenya sangat besar. "Kesempatan Indonesia besar, bahkan lebih besar dri Malaysia," kata dia.

Masih banyak yang harus dilakukan Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan perbankan syariah sehingga nanti bisa lebih besar dari Malaysia. Rencana memajukan perbankan syariah yang digalakkan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai sebagai langkah tepat. Namun Norfadelizan mengatakan hasil upaya itu tidak bisa dilihat dalam jangka pendek. "Dalam jangka pangkang, akan ada perubahan dan peningkatan perbankan syariah di Indonesia," ujarnya.

Maybank Syariah sendiri saat ini berfokus pada segmen korporasi dan tidak menyasar bisnis ritel dan konsumer. Pembiayaan korporasi Maybank Syariah mencapai lebih dari Rp 50 miliar. Aset bank kini sebesar Rp 1,8 triliun. Dia berharap Maybank Syariah akan berkembang sejalan dengan pertumbuhan perbankan syariah Indonesia.

0Komentar
Lihat Wajah Baru MSN. Klik di sini!

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.623 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    7.318 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    388 respon

Total Respon: 9.329
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft