Republika Online
Updated: Sun, 23 Jun 2013 14:58:30 GMT

Harga Tiga Jenis Cabai Ini Naik Tajam



Harga Tiga Jenis Cabai Ini Naik Tajam

Harga Tiga Jenis Cabai Ini Naik Tajam

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Harga tiga jenis cabai mengalami kenaikan seperti cabai merah, cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. Kenaikan harga terjadi sejak sepekan terakhir akibat harga dari petani sudah tinggi. Saat ini, untuk harga cabai rawit merah Rp 45 ribu per kilogram (kg), cabai rawit hijau Rp 33 ribu per kg, dan cabai merah Rp 30 ribu per kg.

Aman (22 tahun) pedagang di Pasar Anyar, Kota Tangerang memaparkan sudah tiga hari harga cabai rawit merah mencapai Rp 45 ribu per kg. Padahal harga sebelumnya masih Rp 25 ribu per kg lalu naik menjadi Rp 28 ribu per kg. “Sekarang udah Rp 45 ribu, sudah naik sebelum BBM naik karena dari pasar induknya harganya sudah tinggi, ” katanya, Ahad (23/6).

Harga cabai rawit merah dari pasar induknya sudah mencapai Rp 40 ribu per kg sehingga dia harus menjual lebih tinggi dari itu. Sama halnya dengan cabai rawit merah, maka cabai rawit hijau pun harganya terus merangkak naik. Sebelumnya harganya adalah Rp 25 per kg namun saat ini harganya mencapai Rp 33 ribu per kg.

Begitupula dengan harga cabai merah yang sebelumnya masih berkisar Rp 20 ribu-Rp 25 ribu per kg saat ini sudah mencapai Rp 30 ribu per kg. Menurut Aman, akibat lonjakan harga tersebut membuatnya mengurangi jatah barang dagangnya. Untuk cabai rawit merah dan hijau saja biasanya menyediakan pasokan sebanyak 10 kg per hari. Tapi saat ini ia hanya menyediakan sebanyak lima kilo gram saja dan barang pun tidak habis terjual.

Sedangkan untuk cabai merah biasanya ia menjual sebanyak 30 kg namun saat ini hanya 20 kg saja yang dipasok. “Harapannya bisa turun lagi harganya. Tapi dari petani bibitnya sudah mahal terus faktor cuaca juga jadi tetap saja naik,” paparnya.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    751 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    3.137 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    168 respon

Total Respon: 4.056
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft