Republika Online
Updated: Sun, 28 Apr 2013 21:28:07 GMT

Harga Karet di Sumsel Anjlok



Harga Karet di Sumsel Anjlok

Harga Karet di Sumsel Anjlok

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Petani karet di Sumatra Selatan (Sumsel) mengeluhkan anjloknya harga jual komoditas perkebunan tersebut. Anjloknya harga karet tersebut sudah begerak sejak sepekan terakhir.

Seperti di Kabupaten Banyuasin, harga jual karet di tingkat petani di daerah ini Rp 12 ribu per kg untuk karet kualitas bagus dan dan Rp 11 ribu kg untuk kualitas standar.

Namun, sepekan terakhir harga getah karet turun dan berada pada kisaran di bawah harga Rp 10 ribu per kg. Menurut seorang petani karet di Rantau Bayur, Banyuasin, selam dua pekan terakhir harga karet terjun bebas.

Sebelum harga karet kualitas bagus sudah mencapai Rp 7.000 perkg, untuk sementara getah karet kualitas standar Rp 5.500-6.000 per kg.

Anjloknya harga karet juga dirasakan petani di Kota Pagaralam. Saat ini harga getah karet anjlok menjadi Rp 4.000 per kg, padahal sebelumnya mencapai Rp 7.000 per kg. Di Pagaralam harga jual karet sempat mencapai Rp 13 ribu hingga 15 ribu per kg.

Akibat anjloknya harga tersebut menurut seorang petani Azhar, banyak petani tidak melakukan panen getah karet dalam beberapa pekan terakhir.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.357 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.298 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    473 respon

Total Respon: 7.128
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft