Republika Online
Updated: Fri, 08 Feb 2013 19:39:24 GMT

Darmin: Konsumsi Pemerintah Bikin Pertumbuhan Ekonomi Meleset



Darmin: Konsumsi Pemerintah Bikin Pertumbuhan Ekonomi Meleset

Darmin: Konsumsi Pemerintah Bikin Pertumbuhan Ekonomi Meleset

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertumbuhan ekonomi dilihat dari pendapatan domestik bruto (PDB) 2012 meleset tipis dari 6,3 persen ke level 6,23 persen. Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution, bahkan mengatakan pertumbuhan ekonomi tahun ini tetap sama dengan proyeksi tahun lalu sekitar 6,3 persen. Atau, secara kisaran angkanya 6,3 persen hingga 6,8 persen pada 2013.

Sebenarnya, kata Darmin, salah satu hal yang membuat pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2012 tak terlalu bagus adalah konsumsi pemerintah. "Jadi, konsumsi pemerintah itu bukannya positif, tapi negatif," kata Darmin dijumpai Republika di Jakarta, Jumat (8/2).

Jika pemerintah menggenjot pertumbuhan dan serapan anggarannya pada kuartal keempat tahun lalu, kata Darmin, maka realisasi pertumbuhan ekonomi 2012 seharusnya masih berada dalam kisaran (range) BI dan pemerintah, yaitu minimal 6,3 persen.

Meski demikian, Darmin menyebutkan BI memahami cukup baik situasinya. PDB itu jika dilihat dari kuartal ke kuartal memang selalu berfluktuasi, namun pola normal kenaikannya tak akan pernah lebih dari satu persen.

Keseimbangan ekonomi eksternal, khususnya di pasar-pasar negara berkembang (emerging market) relatif sama dengan Indonesia. Darmin mencontohkan negara-negara seperti India, Brasil, Turki, dan Rusia. Model yang sama itu terlihat dari pola defisit transaksi berjalannya, policy ratenya, dan pertumbuhan PDBnya.

Pasar, kata Darmin, biasanya tak hanya melihat level defisit Indonesia. "Pasar melihat kualitas defisit itu sendiri," kata Darmin. Defisit di Indonesia tidak terlalu bagus sebab melulu akibat impor. Meski, ada surplus di neraca finansial dan modal yang sejauh ini masih mengamankan ekonomi.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    268 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.069 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    42 respon

Total Respon: 1.379
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft