Republika Online
Updated: Fri, 08 Mar 2013 15:41:59 GMT

BEI Pertanyakan Saham Bumi di BRMS



BEI Pertanyakan Saham Bumi di BRMS

BEI Pertanyakan Saham Bumi di BRMS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia mempertanyakan kepemilikan saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) di PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS). "Kalau ada perubahan kepemilikan, sahamnya pindah ke mana. Hal itu ada dua kemungkinan, dan yang tahu hanya kedua perusahaan itu," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Hoesen saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (8/3).

Ia mengemukakan, kemungkinan pertama tidak ada perubahan pengendali. Kedua, BUMI mengalihkan saham BRMS ke pihak lain yang artinya mengurangi aset BUMI.

Ia menambahkan dugaan yang ada di pasar, BUMI menggadaikan saham (repo) BRMS. Pihak Bursa akan menguji apakah terjadi Repo atau tidak. "Kami menguji apakah benar repo atau tidak, jual putus atau colaterall," kata dia.

Hoesen mengatakan jika terjadi Repo dan berlangsung antar investor, transaksi itu tidak perlu dilaporkan. Namun jika Repo dilakukan melalui broker maka wajib dilaporkan. "Kalau sudah masuk level investor, Bursa tidak dapat berbuat apa-apa," kata dia.

Hoesen mengatakan sejauh ini pihak BUMI dan BRMS menyatakan tidak ada perubahan kepemilikan. Namun dari laporan Biro Administrasi Efek Sinartama Gunita per 22 Februari 2013, BUMI hanya memiliki 11,55 miliar lembar saham atau setara dengan 45,19 persen saham BRMS.

Sementara, dalam laporan keuangan PT Bumi Resources periode kuartal III 2012, kepemilikan saham di BRMS tercatat sebesar 87,09 persen. Selain BUMI, pemegang saham dengan kepemilikan di atas lima persen di BRMS adalah perusahaan afiliasi dengan Grup Bakrie, Long Haul Indonesia.

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.372 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.453 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    923 respon

Total Respon: 9.748
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft