Republika Online
Updated: Fri, 05 Apr 2013 19:45:40 GMT

Bank Syariah Turki Kerja Sama Bentuk Perusahaan Dana Pensiun



Bank Syariah Turki Kerja Sama Bentuk Perusahaan Dana Pensiun

Bank Syariah Turki Kerja Sama Bentuk Perusahaan Dana Pensiun

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Dua bank syariah di Turki, Albaraka Türk dan Kuveyt Türk bekerja sama membangun perusahaan dana pensiun swasta. Ini membuka jalan bagi para nasabah yang ingin menginvestasikan dana pensiunnya dalam instrumen berbasis syariah.

Bank Asya tidak ikut bergabung dalam kerja sama tersebut karena telah memiliki cabang perusahaan dana pensiun swasta sendiri. Sedangkan bank syariah lainnya memillih bekerjasama dengan agen.

Menurut skema pensiun swasta, Pemerintah Turki akan membayar 25 persen dari dana pensiun untuk peserta setiap bulan sebagai kontribusi negara. Pemerintah setempat telah menganggarkan 1,25 miliar lira untuk dukungan sistem pensiun swasta di 2013.

Dana pensiun swasta muncul sebagai bidang yang menguntungkan bagi bank syariah, juga bagi bank partisipan yang mengikuti prinsip syariah.

Sistem dana pensiun membuat peserta dapat memilih untuk menginvestasikan total 25 persen dari kontribusi negara. Sekitar 75 persennya, dapat diinvestasikan dalam instrumen surat utang syariah yang diterbitkan Kementerian Keuangan.

Pasar dana pensiun ⁠Turki⁠ sangat kuat dan dinamis. Ini terbukti dari respon terhadap ⁠krisis keuangan yang berlangsung⁠. Di tengah krisis keuangan global yang mengakibatkan tren penurunan dana pensiun⁠ di seluruh dunia, pasar pensiun Turki malah menunjukkan kekebalan kuat terhadap krisis.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.210 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.254 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    457 respon

Total Respon: 6.921
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft