PLASADANA | Your Inspiration Your Money
Updated: Tue, 01 Jan 2013 19:30:32 GMT

Ini, Sekilas Ramalan Ekonomi 2013




Plasadana

Plasadana.com - Masa telah berganti dan saatnya penduduk bumi memasuki tahun ular air 2013. Sederet peristiwa besar bakal mewarnai laju perekonomian dunia yang menuju arah baru.

Bagi sebagian negara, ada harapan baru untuk meraih pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Namun bagi sebagian lainnya krisis finansial yang melanda negara-negara maju masih menjadi ancaman pada pencapaian target-target pertumbuhan ekonominya.

Menurut blogger, hedge fund manager dan analis finansial Bruce Krasting, ada beberapa peristiwa dan fenomena di tahun 2013 yang bakal mempengaruhi perekonomian dunia. Peristiwa-peristiwa ini sebagian sudah diagendakan, namun selebihnya merupakan analisa dan proyeksi berdasarkan kejadian pada 2012.

Berikut ramalan fenomena ekonomi 2013 dari Bruce Krasting, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Masalah jurang fiskal di Amerika Serikat bakal semakin panas. Kontroversi pemangkasan tunjangan masyarakat dan kenaikan pajak bakal semakin berlarut-larut. Senat dan Kabinet Presiden Barrack Obama bakal kehilangan kepercayaan dari publik jika masalah ini tak rampung pada Maret 2013. Amerika juga terancam penurunan peringkat kredit ke level terendah.

2. Mata uang yen Jepang akan semakin melemah. Diperkirakan, nilai yen akan mencapai 98 per US$ dan akan mencapai minimal 90 per US$ pada akhir 2013. Hal ini akan memperbaiki nilai ekspor Jepang namun berat untuk kondisi ekonomi makro dalam negeri.

3. Pertumbuhan ekonomi Eropa akan semakin tersendat. Negara-negara Eropa akan berjuang lebih keras untuk melawan krisis akibat pelemahan euro. Euro akan berada di bawah 1,3 per US$ dan melemah hingga 1,20 per US$.

4. Angka pengangguran di Spanyol akan mencapai 30 persen. Pengangguran berusia muda akan meningkat hingga 50 persen. Hal ini menjadi pertanda semakin buruknya krisis di Eropa dan akan membawa kawasan itu pada perpecahan.

5. Pasar mobil listrik akan melemah. Produsen ternama seperti Chevrolet Volt dan Tesla tidak bisa menjual produk secara signifikan lantaran berhadapan dengan model baru mobil konvensional dan hibrida.

6. Harga emas akan berada di kisaran US$ 1.400 hingga US$ 1.800 per troy ounce.
6. Pasar minuman berenergi akan terancam menyusul kebijakan sejumlah negara yang melarang peredaran produk tersebut yang dinilai mengganggu kesehatan.

7. Perekonomian Yunani semakin memburuk. Desakan agar negeri dewa itu mundur dari zona euro semakin menguat. Yunani kemungkinan meninggalkan euro pada kuartal I 2014.

8. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto China akan mencapai 7 persen. Pertumbuhan itu dipicu sektor infrastruktur.

9. Harga minyak mentah akan melemah di awal 2013 karena temuan sumber-sumber baru dan melemahnya perekonomian global. Namun Arab Saudi dan negara penghasil minyak akan memangkas produksi untuk menyesuaikan pasokan dan harga.

10. Prospek bisnis kargo akan melemah lantaran kelebihan kapasitas dan pertumbuhan perdagangan global yang lamban.


0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.358 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.408 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    918 respon

Total Respon: 9.684
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft