okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 19 Sep 2013 11:03:43 GMT | By wagustian, okezone.com

Pabrik Chemical Grade Alumina Antam Segera Beroperasi

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) manyatakan, pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) pertama di Indonesia...


Pabrik Chemical Grade Alumina Antam Segera Beroperasi

JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) manyatakan, pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) pertama di Indonesia yang berlokasi di Tayan, Kalimantan Barat, tengah bersiap memulai commissioning pabrik, yang direncanakan dimulai pada akhir bulan Oktober 2013. Engineering Procurement Construction (EPC) progress proyek CGA Tayan sampai dengan akhir bulan Agustus 2013 telah mencapai 97 persen.

Direktur Utama ANTAM, Tato Miraza, mengatakan bahwa saat ini tim sedang fokus untuk mempersiapkan commissioning pabrik CGA Tayan pada akhir bulan Oktober 2013.

"Dimulainya commissioning merupakan bukti komitmen manajemen Antam untuk meningkatkan tujuan pemangku kepentingan melalui proyek-proyek pertumbuhan yang memiliki nilai tambah," ungkap Tato dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Tato menjelaskan, konstruksi proyek CGA Tayan telah berjalan sejak bulan Juni 2011 dan akan mengolah cadangan bauksit Antam untuk memproduksi 300.000 ton CGA per tahun.

Tato menambahkan, proyek CGA Tayan dikembangkan oleh entitas pengendalian bersama Antam PT Indonesia Chemical Alumina (ICA), yang merupakan perusahaan patungan antara Antam dengan Showa Denko K.K. (SDK) Jepang.

Antam memiliki 80 persen saham PT ICA dengan sisa kepemilikan 20 persen saham dipegang oleh SDK. Pendanaan proyek berasal dari internal ANTAM dan SDK, pinjaman dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) serta pinjaman komersial.

"Komoditas CGA Tayan akan diekspor ke Jepang dan negara-negara lainnya, serta dijual untuk pasar domestik Indonesia," tutur Tato.

Tao menungkapkan, jika smelter grade alumina digunakan untuk pembuatan logam aluminum, produk CGA yang diproduksi PT ICA akan diaplikasikan untuk memproduksi bahan pendukung komponen fungsional dan komponen elektronik diantaranya refractories, abrasives, produk bangunan, Integrated Circuit (IC), bahan untuk LCD screen dan lain-lain.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    653 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.700 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    141 respon

Total Respon: 3.494
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft