okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 01 Oct 2013 12:58:21 GMT | By wagustian, okezone.com

Jelang Idul Adha, Stok Sapi di Sumut Capai 13.362 Ekor

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan, stok daging sapi di Sumatera Utara cukup...


Jelang Idul Adha, Stok Sapi di Sumut Capai 13.362 Ekor

MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan, stok daging sapi di Sumatera Utara cukup untuk menghadapi perayaan Idul Adha 2013. Bahkan stok yang ada dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 3 bulan ke depan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara, Bidar Alamsyah mengatakan, stok sapi yang telah ada kandang-kandang milik perusahaan pemasok sapi di Sumut saat ini mencapai 13.362 ekor. Terdiri dari sapi lokal, serta sapi impor yang telah melewati proses penggemukan.

"Ada 4 perusahaan pemasok sapi ke Sumut. Yakni PT Lembu Andalas dengan total pasokan mencapai 2561 ekor, PT Indra Asahan 4546 ekor, PT Agro Giri 5225 ekor, dan PT Indoprom Sukses 1000 ekor. Totalnya 13362 ekor. Jadi itu pasokan itu cukup, Dan jika kita bandingkan dengan kebutuhan rata-rata per bulan, pasokan itu cukup untuk tiga bulan," ujar Bidar kepada Okezone, Selasa (1/10/2013).

Disamping pasokan dari keempat perusahaan itu, Pemprov Sumut menurut Bidar juga sudah mendata keberadaan sapi-sapi dari peternakan tradisional serta petani-petani perseorangan, yang jumlahnya juga cukup besar.

"Dari peternakan tradisional ada sekitar 600 ekor sapi dan kerbau yang siap dipotong. Lalu dari petani secara perorang, ada lagi sekitar 105 ekor. Jadi stok kita makin aman," tambahnya.

Bidar juga mengatakan disamping sapi hidup, pasokan daging ke Sumut juga masih ditambah dengan pasokan daging impor. Namun ia tak dapat merinci berapa besaran impor tersebut.

"Ada daging impor. Tapi itu premium, yang dijual di pasar modern dan untuk kebutuhan hotel dan restoran. Kita enggak tahu jumlahnya secara pasti, tapi pantauan kita besar juga. Meski enggak kita klaim itu sebagai pasokan, tapi itu juga jadi cadangan alternatif lah," tutupnya. (dan)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    660 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.737 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    144 respon

Total Respon: 3.541
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft