okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2014, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 20 Feb 2014 12:14:01 GMT | By fakhri.rezy, okezone.com

BTN Patuh dengan Peraturan Pungutan OJK



BTN Patuh dengan Peraturan Pungutan OJK

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberlakukan pungutan secara berangsur sebesar 0,03-0,06 persen bagi industri jasa keuangan baik pasar modal, perbankan dan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) mulai 1 Maret 2014.

Menanggapi hal tersebut, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menyatakan, akan mematuhi peraturan OJK tersebut.

"Itukan sudah keputusan yang sudah dipertimbangkan dan sudah dimintakan pendapat dari beberapa bank besar dan kecil. Kalau sudah ditetapkan kami akan dipatuhi karena OJK itu regulator," ucap Direktur Utama BTN, Maryono di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Maryono menambahkan, pungutan yang dilakukan OJK bukan aksi hanya untuk membiayai aktivitas OJK semata, melainkan pungutan tersebut akan digunakan untuk pembinaan perbankan, skill profesional perbankan dan pembinaan konsumen dalam bentuk perlindungan konsumen.

"Jadi dana tersebut akan kembali lagi ke bank. Dipungut bukan hanya untuk dana OJK, tapi untuk anggota bank, untuk tingkatkan skill perbankan," sambungnya.

Maryono mengungkapkan, dengan adanya peraturan tersebut, pihaknya tidak akan membebankan biaya tambahan ke konsumen. Pasalnya pihaknya juga suda memasukan ini ke dalam Rancangan Bisnis Bank (RBB).

"Kami sudah cadangkan dana dari RBB kemarin. Itu saya kira masuk ke dalam biaya operasional sudah terblending dan ditetapkan suku bunga itu ada biaya overhead dan cost of fund, jadi tidak semata-mata dibebankan kepada konsumen," tutupnya.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.912 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.175 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    432 respon

Total Respon: 6.519
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft