okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 28 Feb 2012 14:52:41 GMT | By wagustian, okezone.com

"Bola Panas" Kenaikan BBM Subsidi Masuk DPR Hari Ini

Usulan pemerintah untuk menaikkan harga BBM Subsidi akan mulai dibahas bersama DPR hari ini. Apakah...


JAKARTA - Usulan pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak Subsidi (BBM Subsidi) direncanakan akan mulai dibahas bersama DPR-RI hari ini. Apakah wacana kenaikan BBM benar-benar terlaksana April mendatang?

"Pemerintah (hari ini) mengajukan untuk pembahasan APBNP 2012. Itupun harus dengan surat Presiden ke ketua DPR. Kita baru mendengar jawaban pemerintah dari pertanyaan anggota (komisi VII) kemarin dan pengajuan untuk revisi UU. APBNP 2012 belum mengambil keputusan kecuali kalau pemerintah sudah siap dengan opsi-opsi," ungkap Komisi VII DPR-RI Satya W Yudha dalam pesan singkatnya kepada okezone, Selasa (28/2/2012).

Hari ini, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) dan Komisi VII memang dijadwalkan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) pukul 14.00 WIB. Pemerintah, mengaku telah siap membawa empat opsi kenaikan BBM subsidi mulai dari Rp500 sampai Rp2.000 per liter, termasuk juga perombakan berbagai asumsi makro ekonomi Indonesia. Beberapa diantaranya adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, lifting minyak dan skema-skema bantuan kepada masyarakat.

"Kita tunggu pemerintah, kalau mereka cepat minta pembahasan (perubahan APBN-P 2012) maka masih optimis 1 April (dapat disyahkan) Kita bisa bahas selama satu bulan ke depan," lanjut dia.

Sebelumnya, bola panas kenaikan harga BBM subsidi dirasa lebih mudah dilakukan pemerintah ketimbang pembatasan BBM dan konversi BBM ke BBG. Sebesar Rp21 triliun setidaknya bisa dihemat pemerintah dari APBN jika BBM subsidi naik Rp1 000 per liter.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.095 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.225 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    449 respon

Total Respon: 6.769
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft