okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 11 Dec 2011 18:53:09 GMT | By ade.lestarini, okezone.com

Suku Bunga Deposito LPS Kemungkinan Turun

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) masih mungkin menurunkan suku bunga penjaminan depositonya....


Suku Bunga Deposito LPS Kemungkinan Turun

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) masih mungkin menurunkan suku bunga penjaminan depositonya. Walaupun tidak akan di bawah tingkat suku bunga (BI rate) yang sebesar enam persen.

"Mungkin (turun). Enggak akan di bawah enam persen, paling mentok sama ya. Kita anggap itu sebagai acuan bunga pasar," kata Kepala LPS Firdaus Djaelani, usai Bankers Dinner, di Jakarta, akhir pekan ini.

Firdaus menambahkan, pihaknya akan mengikuti pergerakan suku bunga BI rate yang menjadi perhitungan pokok LPS. Di mana bila BI rate cenderung turun, maka LPS pun demikian.

"Karena BI rate kita anggap sebagai acuan bunga pasar. Kalau BI rate turun, tentunya kita akan menyesuaikan. Kita pernah sama (tingkat suku bunga), di bawah, di atas. Kebanyakan sekarang bedanya sampai 50 bps," tuturnya.

Maka dari itu, pada periode ini kemungkinan baru bisa disampaikan pada Senin 12 Desember besok.

"Kita lihat lah. Tapi kecenderungannya memang kita melihat suku bunga menurun. Inflasi kan rendah, Pak Darmin perkirakan 3,9 persen akhir tahun. Suku bunga LPS kemungkinan turun," pungkasnya.

Seperti diketahui, LPS menurunkan suku bunga penjaminan terhitung sejak 15 November 2011 sampai 14 Januari 2012. Hal ini dilakukan karena kondisi perbankan yang masih menunjukkan perkembangan yang positif serta deflasi pada Oktober 2011.

Adapun tingkat bunga simpanan masyarakat berdenominasi rupiah di bank umum yang dijamin oleh LPS diturunkan sebesar 25 basis poin menjadi 6,75 persen, di mana sebelumnya adalah tujuh persen.

Penurunan tingkat suku bunga yang dijamin juga terjadi dalam simpanan dalam bentuk valuta asing yakni turun sebesar 25 basis poin menjadi 1,75 persen yang sebelumnya adalah dua persen.

Sementara suku bunga rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga mengalami penurunan sebesar 25 basis poin menjadi 9,75 persen di mana sebelumnya sebesar 10 persen.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    343 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.421 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    57 respon

Total Respon: 1.821
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft