okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 21 Nov 2011 18:29:44 GMT | By rani, okezone.com

Saham VIVA Ditinggal Investor Asing

Minat investor asing terhadap saham PT Viva Media Asia Tbk (VIVA) setelah penawaran umum saham...


Saham VIVA Ditinggal Investor Asing

JAKARTA - Minat investor asing terhadap saham PT Viva Media Asia Tbk (VIVA) setelah penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) tidak sampai 10 persen.

Direktur Investment Banking PT Danatama Makmur Vicky Ganda Saputra, selaku underwritter mengatakan, kepemilikan saham VIVA oleh investor asing turun menjadi 8,66 persen dibanding saat penjatahan yang sebesar 18,3 persen. "Tapi setelah asing masuk surprise karena kita kan perusahaan media," katanya seusai pencatatan saham Viva di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (21/11/2011).

Meski begitu, pihaknya tidak mencemaskan menurunnya kepemilikan asing pada saham VIVA. "Ya memang dari awal kan kita fokus di investor domestik," jelas dia.

Adapun investor asing tersebut, kata dia, sebagian besar dari Singapura. Dengan jumlah kepemilikan asing sebesar 8,66 persen, dipastikan domestik akan mendominasi dengan 91,34 persen.

Selain itu, dikelompokkan berdasarkan jenis investor, jumlah investor retail memegang peranan 19,59 persen. Sisanya yang institusi 80,41 persen.

Sekedar Informasi, VIVA merupakan perusahaan ke 20 yang mencatatkan namanya di BEI pada tahun ini. Harga pada pembukaan dibuka dengan harga penawaran perdana Rp300, saham VIVA langsung melesat pada level Rp400 per lembar saham. Dalam IPO-nya, perseroan melepas 1,67 miliar saham baru. Sementara itu, menjadi penjamin pelaksana emisi adalah PT Ciptadana Securities dan Danatama Makmur. (mrt)

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    1.948 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.207 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    730 respon

Total Respon: 7.885
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft