Merdeka Uang News Feed
Updated: Thu, 12 Sep 2013 19:43:58 GMT | By Merdeka Uang News Feed

Hatta pastikan besaran UMP tanggung jawab Dewan Pengupahan



Merdeka


MERDEKA.COM, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, sistem penentuan upah minimum provinsi (UMP) akan tetap mengacu pada amanat undang-undang. Artinya, penentuannya berada di tangan Dewan Pengupahan Nasional.


Karena itu, dia menampik bahwa pemerintah pusat menerima permintaan Menteri Perindustrian, bahwa penentuan upah tahun depan masuk dalam instruksi presiden (inpres). Hatta menilai presiden tak perlu dilibatkan dalam penentuan upah buruh.


"Presiden tidak perlu membuat inpres untuk UMP, karena ada kewenangannya di Dewan Pengupahan Nasional," ujar Hatta, di Jakarta, Kamis (12/9).


Dalam usulan menperin, inpres itu diperlukan agar besaran UMP bisa dipatok sesuai inflasi ditambah hasil negosiasi bipartit serikat pekerja dengan wakil perusahaan.


Jika diserahkan pada Dewan Pengupahan, berarti kenaikan UMP akan menyesuaikan asumsi inflasi 2014 ditambah dengan hasil survei Komponen Hidup Layak (KHL).


"Saya harus memastikan tidak berbenturan dengan UU. Kalau presiden keluar inpres itu namanya ikut campur Dewan Pengupahan," tandasnya.


Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyatakan hasil survei KHL akan keluar paling cepat bulan depan. Karena berpegang pada survei itu, berarti kenaikan upah tahun depan belum bisa dipastikan hanya 10 persen.


"Jadi tergantung nanti, surveinya bagaimana. Survei (KHL) keluarnya Oktober-November," ujarnya.


Meski demikian, Muhaimin percaya bisa merayu buruh agar mengurangi tuntutan. Serikat pekerja sudah ramai menyuarakan tuntutan upah jadi Rp 3,7 juta tahun depan.


"Kita terus dialog, kita yakin bisa, paling kayak tahun lalu. Waktu itu buruh mintanya Rp 3 juta, setelah dialog, jadinya Rp 2,2 juta," cetusnya.


Sumber: Merdeka.com


0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    380 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    1.521 respon
  3.  
    3 %
    Tidak tahu
    65 respon

Total Respon: 1.966
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft