JPNN
Updated: Thu, 12 Jul 2012 17:14:00 GMT | By JPNN

Investor Malaysia Masuk Proyek Listrik Swasta



JPNN

JAKARTA - Besarnya kebutuhan listrik di Indonesia menjadi magnet kuat bagi pengembang listrik swasta atau independent power producer (IPP). Kali ini, investor asal Malaysia siap masuk proyek listrik swasta.

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nur Pamudji mengatakan, investor Malaysia akan masuk melalui proyek PLTU Banten berkapasitas 1 x 660 megawatt (MW) dengan PT. Lestari Banten Energi. Perjanjian jual beli listrik sudah ditandatangani, ujarnya.

PT Lestari Banten Energi merupakan lini usaha dari Genting Berhad, perusahaan asal Malaysia. Proyek PLTU Banten ini merupakan investasi perdana dari Genting Berhad di sektor tenaga listrik di Indonesia dan diharapkan akan memperluas portofolio Genting Berhad di bidang pembangkit listrik.

Hingga saat ini, Genting Energi sebagai salah satu unit usaha dari Genting Berhad saat ini memiliki kapasitas pembangkit 2.383 MW dari enam pembangkit listriknya yang tersebar di Malaysia, Tiongkok, dan India.

Menurut Nur, pengadaan proyek ini dilakukan melalui proses pelelangan umum dengan skema BOOT (Build, Own, Operate Transfer), di mana pembangkit ini nantinya akan menjadi milik PLN setelah habis masa kontrak 25 tahun. Proyek ini akan dibangun tanpa Jaminan Pemerintah (Government Guarantee) dan dijadualkan Financing Date akan tercapai dalam tempo 12 bulan setelah penandatanganan PPA, katanya.

Nur mengatakan, PLTU Banten tersebut nantinya akan menyuplai energi listrik sebesar 4.380 gigawatt hour (GWh) per tahun, dan dijadwalkan akan mulai beroperasi komersial 57 bulan setelah ditandatanganinya PPA atau sekitar 2017. Pasokan listriknya nanti akan masuk ke sistem kelistrikan Jawa-Bali, ucapnya.

Terkait tarif dasar jual beli tenaga listrik yang disepakati, Nur mengatakan telah mendapat persetujuan Menteri ESDM untuk membeli listrik dari investor swasta sebesar 5.99 sen USD per kWh. Proyek ini diperkirakan akan menelan total biaya investasi sekitar USD 1 miliar, ujarnya. (Owi)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    773 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.290 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    175 respon

Total Respon: 4.238
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft