JPNN
Updated: Wed, 24 Apr 2013 05:49:00 GMT | By JPNN

Dahlan Iskan Minta Askes Lepas InHealth Lewat Tender



JPNN
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Asuransi Kesehatan (Askes) untuk melakukan proses tender guna melepas PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia. Pasalnya, Askes harus melepas anak usahanya tersebut sebelum nantinya berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada 2014 mendatang.

"Sebaiknya dilepas melalui sistem tender, bisa lewat tender terbuka atau tender tertutup dan beauty contest. Boleh mengundang swasta dan BUMN," ujar Dahlan di kantornya Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (23/4).

Mantan dirut PLN ini tidak akan memerintahkan perusahaan plat merah untuk mengambil alih InHealth. Karena itu, Dahlan tidak akan mempermasalahkan siapa nantinya yang akan mengambil alih InHealth selama bisa dipertanggungjawabkan.

"Dilepas ke siapa terserah, yang penting ada transaksi tidak boleh dihibahkan dan diberikan begitu saja. Aset harus dipertanggungjawabkan terlebih dulu," pintanya.

Selain itu, Dahlan juga meminta Askes mengumumkan proses tender tersebut secara terbuka, termasuk dalam melakukan penjajakan (due diligence) dengan perusahaan yang berminat mengakuisisi. "Harus dilakukan secara terbuka, jadi yang ikut tender tahu posisinya," harap Dahlan.

Meski begitu, pria yang kerap mengenakan sepatu kets ini menyerahkan wewenang sepenuhnya pada Askes untuk melakukan tender ini.(chi/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.222 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.259 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    459 respon

Total Respon: 6.940
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft