JPNN
Updated: Wed, 10 Oct 2012 22:25:00 GMT | By JPNN

Cangkang Kepiting jadi Biskuit



JPNN

BONTANG - Untuk kesekian kalinya, perusahaan minyak, PT Badak NGL membuat kejutan. PT Badak NGL mampu menciptakan ide-ide cemerlang yang dapat dinikmati masyarakat banyak. Setelah sebelumnya menyulap mangrove menjadi berbagai jenis makanan ringan dan sirup. Kini jajaran pekerja di perusahaan tersebut, mampu mengelola limbah non B3 (bahan berbahaya dan beracun, Red), menjadi salah satu bahan makanan yang dapat dikonsumsi, bahkan berguna bagi kesehatan manusia.

Kalau selama ini cangkang kepiting dibuang begitu saja dan dibiarkan menjadi limbah, setelah dagingnya dikonsumsi. Ternyata itu tak berlaku lagi. Siapa sangka, di balik cangkang kepiting itu ternyata memiliki rasa dan kandungan gizi berkalsium tinggi bagi kesehatan.

Tentu ini sebuah terobosan baru di Bontang bahkan Indonesia sekalipun. Yaitu pembuatan bahan makanan biskuit yang berbahan utama cangkang kepiting. Sungguh selama ini kita tidak mengetahui, kalau limbah itu ternyata jika diolah akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat. Contohnya, cangkang kepiting ini, sebut Senior Manager Corporate Communication PT Badak NGL Bontang, Kuswana Yugaswara seperti yang dilansir Samarinda Pos (JPNN Group), Rabu (10/10).

Dijelaskannya, munculnya ide pembuatan bahan makanan ini dari cangkang kepiting itu melalui Yuli Astuti S.Gz, RS LNG Badak dan Endang Prasetyawati HRD LNG Badak, yang ingin membantu mendukung program perusahaan dalam mencapai Proper Gold. Keduanya mengaku tertarik untuk memanfaatkan limbah cangkang kepiting di beberapa rumah makan di Bontang. Sekadar diketahui, Bontang terkenal akan sea foodnya.

Daripada dibuang, kan menjadi limbah. Akhirnya kita berfikir untuk mengolah cangkan kepiting itu. Pasalnya, jika hanya dibuat hiasan dinding hal tersebut sudah sangat biasa. Akhirnya didapat info kalau cangkang kepiting memilki kandungan kalsium yang cukup tinggi, lantas muncullah ide bagaimana jika dibuat tepung dan djadikan biskuit, sebut Yuli Astuti dibenarkan Endang Prasetyawati di sela-sela presentasinya di kantor Humas PT Badak NGL.

Ditambahkannya, sudah menjadi kebiasaan umum dimanapun orang akan sulit mengkonsumsi kalsium dalam bentuk tablet, pil ataupun susu. Akhirnya tercetus ide berilian ini untuk mengolah cangkang kepiting menjadi biskuit yang memiliki kalsium tinggi. Dengan mengkonsumsi 7 buah biskuit setiap hari, maka kandungan kalsium pada tubuh manusia akan terpenuhi sebesar 1000 mg untuk dewasa dan anak-anak 500 mg perharinya. (im/agi)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    764 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.198 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    172 respon

Total Respon: 4.134
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

berita internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft