Updated: Fri, 26 Oct 2012 02:00:32 GMT | By PlasaMSN Nasional News Feed

KABAR HAJI: Pagi ini, seluruh jamaah RI sudah di Arafah



Berita Satu

JAKARTA: Hingga pagi ini, Kamis (25/10/2012) hampir seluruh jemaah haji Indonesia sudah berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf sebagai rangkaian ibadah haji yang akan dimulai pada siang harinya.

Kecuali bagi jemaah yang sakit akan disafariwukufkan dengan menggunakan ambulans dan bus, didampingi tim medis, yang akan diberangkatkan dari BPHI Mekkah ke Arafah pada bada Zuhur siang hari ini.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu mengatakan di tenda utama Misi Haji Indonesia, khutbah wukuf akan disampaikan Wakil Amirul Haj, KH Hasyim Muzadi.

Kegiatan wukuf di Arafah, tulis situs resmi haji Kementerian Agama RI Kamis (25/10/2012), disebutkan mulai pukul 11.15 waktu Arab Saudi.

Puncak wukuf di tenda Misi Haji Indonesia akan dihadiri oleh Amirul Haj Suryadharma Ali dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Gatot Abdullah Mansyur.

Wakil Presiden Boediono yang menunaikan haji dikabarkan ingin hadir dalam acara wukuf bersama jamaah haji Indonesia.

"Namun, sampai saat ini belum keluar izin dari Kerajaan Arab Saudi," ungkap Sekjen Kementerian Agama, Bahrul Hayat.

Wakil Presiden Boediono merupakan tamu negara yang secara khusus diundang Kerajaan Arab Saudi. Sebagai tamu kerajaan, Wapres Boediono mendapat pengamanan khusus.

Sementara itu, Antara melaporkan hingga pukul 22.00 waktu Saudi atau pukul 02.00 WIB dini hari tadi sudah 27,33% jamaah yang masuk ke Arafah dan diharapkan sudah 100% hingga subuh tadi.

Kepala Satuan Tugas Arafah Ahmad Abdullah di Arafah mengatakan secara umum pelaksanaan penempatan jamaah di Arafah berjalan lancar.

Namun dia juga menginformasikan ada bus jamaah yang mogok di jalan.

"Kita sudah mengontak Naqaba (konsorsium bus Saudi) untuk segera mengirim bus pengganti dan sebelum maghrib tadi mereka sudah tiba di Arafah," kata Abdullah.

Ketika merinci upaya agar sebelum subuh semua jamaah sudah masuk Arafah, Abdullah mengatakan Satgas Arafah membuat sistem komunikasi untuk memantau pergerakan jamaah.

Jadi, jika ada bus yang seharusnya sudah masuk ke Arafah tetapi belum juga masuk, pengawas transportasi akan menghubungi petugas atau ketua rombongan terkait untuk mengetahui mengapa bus datang terlambat. (ra) (foto: haji kemenag.go.id)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    560 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.304 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    112 respon

Total Respon: 2.976
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft