Bisnis Indonesia Nasional News Feed
Updated: Thu, 03 Jan 2013 22:01:55 GMT | By Bisnis Indonesia Nasional News Feed

JOKOWI BERAKSI: Atasi Banjir, Akan Dibangun Deep Tunel Rp16 Triliun



Berita Satu


JAKARTA-Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan pembangunan terowongan atau waduk air bawah (deep tunel) tanah mulai dari MT Haryono-Pluit yang diprediksi bisa memakan biaya mencapai Rp16 triliun sebagai terobosan mengatasi masalah banjir.


"Kita masih bahas terus pembangunan deep tunnel. Belum saya putuskan. Nanti setelah kajian selesai, saya akan putuskan Januari nanti," ungkap Jokowi di sela-sela pemantauan kondisi gorong-gorong di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (26/12).


Dia mengungkapkan rencana pembangunan terowongan tersebut akan dibuat dengan diameter mencapai 16 meter. Permasalah banjir yang terus terjadi, menurut Jokowi membutuhkan sebuah terobosan.


"Sudah berpuluh tahun kita terus kebanjiran. Jangan terus bertumpu pada blue print saja, tapi tidak ada terobosan. Ada action di lapangan dalam jangka pendek, dan ada terobosan dengan mengikuti desain besarnya, " katanya.


Pendanaan, sambungnya, akan diperoleh melalui APBD atau bisa dikerjasamakan dengan investor. Dia menargetkan proses pembangunan terjadi dalam waktu 4-5 tahun. Dalam proses pembangunan pun tidak akan mengganggu lalu lintas.


"Dalam pembangunan akan pakai bor, langsung sedot. Tidak akan mengganggu lalu lintas. Nanti semua akan terintegrasi. Terowongan MRT juga bisa difungsikan untuk yang lain seperti limbah, kabel, air baku, dan lain-lain," jelas Jokowi.


Dia menilai kondisi gorong-gorong yang ada saat ini dengan diameter 60 cm menjadi penyebab munculnya genangan air di berbagai kawasan. Kapasitas yang ada, belum bisa menampung luapan air hujan yang sangat tinggi belakangan ini. (if)


0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.380 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.465 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    923 respon

Total Respon: 9.768
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...

Berita Internasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft