Updated: Sun, 28 Oct 2012 12:00:35 GMT | By PlasaMSN Nasional News Feed

IDUL ADHA 2012: Qurban di Jatim semarak



Berita Satu

SURABAYA: Pelaksanaan Penyebelehan hewan qurban sebagai rangkaian dari ibadah perayaan hari raya Idul Adha di Jawa Timur cukup semarak menyusul banyaknya hewan yang disembelih untuk kemudian dibagikan kepada yang berhak.

Dari pantauan Bisnis, proses penyembelihan hewan rata-rata diselenggarakan selama dua hari yaitu pada Jumat (26/10) dan Sabtu (27/10) mengingat bila diselenggarakan Jumat akan pelaksaan penyembelihan tidak bisa maksimal karena terpotong adanya ibadah sholat Jumat.

Berikut perayaan Idul Adha di beberapa lokasi di Jatim :

Masjid Al Akbar

Pada proses penyembelihan di Masjid Al Akbar Surabaya yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, ternyata ada 107 ekor hewan qurban yang akan disembelih dengan perincian 78 ekor kambing dan 29 ekor sapi.

"Rencananya 107 ekor hewan qurban itu akan disembelih pada Sabtu besok [27/10]. Targetnya semua hewan qurban hasil sumbangan sejumlah pihak itu akan dibagikan untuk 2.000 paket daging qurban yang dibagikan kepada masyarakat yang berhak," kata Syaifullah Yusuf, Wagub Jatim.

Sasaran pembagian itu selain untuk masyarakat secara langsung juga diarahkan kepada pondok pesantren, yayasan sosial dan lembaga pendidikan di Jatim.

Kadin Jatim

Sementara itu Kamar Dagang dan Industri Jatim juga menyelenggarakan prosesi penyembelihan hewan qurban sebanyak 35 ekor yang terdiri atas 28 ekor kambing dan tujuh ekor sapi.

Wakil Ketua Umum Kadin Jatim, Dedi Suhayadi mengatakan tahun ini pihaknya mendapatkan sumbangan 35 ekor hewan qurban. Prosesi penyembelihan hewan qurban di Kadin Jatim merupakan kegiatan rutin tahunan.

"InsyaAllah semua hewan qurban itu akan disembelih dan kemudian dagingnya akan didistribusikan untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak," kata Dedi kepada Bisnis di Kantor Kadin Jatim, hari ini, (Jumat, 26/10).

Pelindo III

Disisi lain, PT Pelabuhan Indonesia III, pada tahun ini melakukan penyembelihan 109 ekor hewan qurban untuk dibagikan kepada yang berhak dalam 4.015 kantong daging

Ke-109 ekor hewan qurban itu terdiri atas 35 ekor sapi dan 74 ekor kambing dengan nilai Rp445 juta.

Proses penyembelihan hewan qurban PT Pelindo III itu dilakukan di halaman Masjid Baitul Hakam Pelabuhan Tanjung Perak dengan diawali penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto kepada Sudarman mewakili Takmir Baitul Hakam Pelabuhan Tanjung Perak.

"Rencananya 109 ekor hewan qurban sumbangan PT Pelindo III itu akan dijadikan 4.015 paket daging hewan qurban. Sekitar 1.550 paket akan dibagikan dengan sistem kupon bagi masyarakat sekitarnya. Sisanya akan didistribusikan kepada panti asuhan, lembaga sosial, yayasan sosial yang membutuhkan," kata Sudarman kepada pers, hari ini, (Jumat, 26/10). (k21/arh)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.102 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.232 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.785
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft