BeritaSatu Logo
Updated: Tue, 18 Sep 2012 14:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal keuangan

ACE Limited Resmi Kuasai Asuransi Jaya Proteksi US$130 Juta



Berita Satu

BERITASATU.COM - Pada 2011, total pendapatan premi bruto JaPro sebesar Rp1,19 triliun, tumbuh sebesar 34 persen dibandingkan tahun 2010.

ACE Limited, perusahaan asal Swiss resmi mengakuisisi PT Asuransi Jaya Proteksi sebesar US$130 juta melalui penandatanganan akta jual beli antara pemegang saham PT Asuransi Jaya Proteksi (JaPro) dengan perwakilan ACE Limited pada 18 September 2012.

Hal itu dilakukan setelah rencana akuisisi ACE INA International Holdings Ltd (AIIH) – grup perusahaan ACE Limited – terhadap JaPro, disetujui oleh Bapepam-LK pada 31 Agustus 2012.

Direktur Utama JaPro Sujaya Dinata Pangestu mengatakan, dalam kesepakatan tersebut, ACE akan memiliki 80 persen saham JaPro, sementara 20 persen masih dimiliki oleh pemegang saham JaPro sebelumnya. “Langkah akuisisi ini merupakan kesepakatan kemitraan strategis," kata Sujaya dalam siaran persnya, Selasa (18/9).

Pada 13 Juni 2012, ACE Limited, perusahaan asuransi terkemuka dari Swiss secara resmi mengumumkan rencana untuk mengakuisisi JaPro sebesar US$130 juta. Berdasarkan laporan keuangan per 31 Desember 2011, total pendapatan premi bruto JaPro sebesar Rp1,19 triliun, tumbuh sebesar 34 persen dibandingkan tahun 2010.

Sujaya menjelaskan, salah satu faktor yang mendorong JaPro sepakat bermitra dengan perusahaan asuransi asing tersebut adalah peningkatan kapasitas bisnis dan kapasitas reasuransi. Selain itu, JaPro memerlukan terobosan bidang teknologi.

Saat ini, asuransi JaPro melayani produk asuransi properti, motor, kecelakaan dan kesehatan serta jaminan asuransi komersial yang meliputi angkutan laut (marine cargo).

Menurut dia, layanan dan produk-produk asuransi JaPro tersebut dinilai cocok dengan produk asuransi yang dipasarkan ACE Limited. Dengan demikian, akuisisi tersebut memungkinkan ACE untuk melakukan diversifikasi bisnis di Indonesia.

“Kami optimistis dengan kesepakatan ini, karena JaPro melengkapi bisnis ACE di Indonesia yang meliputi asuransi jiwa, properti komersial dan bisnis, kecelakaan, serta risiko bisnis,” ungkap Regional President ACE Asia Pacific Damien Sullivan.

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.105 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.233 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.789
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft