Updated: Tue, 10 Jan 2012 19:17:00 GMT | By JPNN

Malaysia Airlines Serius Garap Tarakan-Tawau



JPNN

TARAKAN - Maskapai penerbangan Malaysia Airlines tampaknya sangat serius menggarap pasar di Kaltim. Faktanya, untuk rute baru Tarakan-Tawau yang mulai beroperasi 13 Februari mendatang, Malaysia Airlines (MAS) mendatangkan pesawat baru jenis ATR 72. Dengan pesawat jenis itu, penerbangan internasional itu hanya akan ditempuh 30 menit.

Chief Executive Officer (CEO) MASwings, Dato Capt Mohd Nawawi Awang, langsung memimpin penerbangan percobaan dengan menggunakan pesawat MASwings ATR 72 seri 200 langsung dari Tawau ke Tarakan, Senin (9/1) kemarin.

Dijelaskan Nawawi, MASwings adalah anak perusahaan dari Malaysia Airlines (MAS). Maskapai penerbangan ini beroperasi di wilayah Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. Saat ini ada 10 buah pesawat jenis ATR 72 yang dimiliki MASwing. “Pesawat yang akan dipakai ke Tarakan masih berumur setahun, brand new dengan leather seat (jok kulit),” kata Nawawi yang selama 35 tahun menjadi penerbang pesawat Boeing ini.

Menurutnya, rute Tarakan-Tawau adalah penerbangan pertama untuk inflight medium atau penerbangan dengan waktu tempuh menengah.

Namun demikian, dalam penerbangan tersebut fasilitas yang diberikan sangat mewah, setara dengan penerbangan internasional jarak jauh. Pasalnya, didalam pesawat tersebut MASwings menyediakan documentary seat breafing form dengan fasilitas video dengan tempat duduk yang leluasa.

“Kita juga ada business class, namun untuk penerbangan ke Pontianak dan Tarakan, saat ini kita masih all economy. Jadi duduk di depan dengan duduk di belakang sama,” ungkapnya.

Penerbangan MASwings di Sabah dan Serawak saat ini adalah 130 penerbangan dalam satu hari. Dengan adanya penerbangan ke Tarakan, Pontianak dan ke Brunei Darusallam, diharapkan satu hari nanti MASwings bisa diterima di Tarakan untuk meningkatkan perekonomian, terutama di kawasan Brunei-Indonesia-Malaysia-Fili pina yang masuk dalam BIMF Niaga.

“Kami harap, MASwings akan menjadi official airlines di satu masa nanti. Jika fase pertama ini berjaya, kita akan membuat rancangan penerbangan ke Balikpapan, Makassar, Menado hingga Filipina,” ungkapnya.

Untuk diketahui, penerbangan internasional Tarakan Tawau ini akan connecting flight dengan penerbangan internasional lainnya, karena pesawat yang sama, akan melanjutkan penerbangan ke kota Kinabalu Malaysia dengan waktu tempuh Tawau Kinabalu 1 jam, 10 menit. Dari Kinabalu, tentunya penerbangan dapat dilanjutkan ke negara-negara lain.

Penerbangan dari Tawau-Tarakan untuk sementara ini akan dilakukan tiga kali dalam seminggu, yaitu setiap Senin, Rabu dan Kamis. Harga untuk sekali penerbangan Tarakan Tawau mulai dari USD 41 atau setara Rp 381.000.

Pembelian tiket dapat dilakukan dengan cara online melalui internet. Selain itu, pihak MASwings juga sudah bekerjasama dengan beberapa travel agen di Tarakan untuk menjual tiket penerbangan internasional ini. “Seperti syarikat penerbangan lainlah, kita menggunakan agen pelancongan,” ujar Nawawi dalam dialeg melayunya.

Soal harga, memang penjualan tiket di Malaysia untuk internasional secara umum menggunakan dolar. Namun untuk mempermudah penumpang, penjualan tiket akan menyesuaikan dengan mata uang yang berlaku di Negara masing-masing. Untuk penjualan tiket MASwings di Tarakan menggunakan rupiah, sementara jika pembelian tiket di Malaysia tentunya menggunakan ringgit Malaysia (RM).(ddq/fuz/jpnn)

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.992 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.198 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    436 respon

Total Respon: 6.626
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

Video Berita

Lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft