Thu, 03 May 2012 15:34:20 GMT | By BisnisIndonesia

Inilah 8 Bank Terkuat di Dunia

Perbankan dari Kanada dan Singapura mendominasi deretan bank terkuat sedunia.


SINGAPURA: Perbankan dari Kanada dan Singapura mendominasi deretan bank terkuat sedunia tahun ini versi Bloomberg.

Bertahan di posisi puncak adalah raksasa perbankan kawasan OCBC Singapura, yang di Indonesia mengendalikan PT OCBC NISP Tbk dan perusahaan asuransi PT Great Eastern Life Indonesia.

Posisi puncak itu juga digenggam OCBC tahun lalu. Di peringkat ke-2 adalah BOC Hong Kong Holdings asal Hong Kong. Bank ini adalah bank pemberi pinjaman terbesar di Singapura.

Selanjutnya secara berturut-turut adalah 4 bank asal Kanada, yakni CIBC, Toronto-Dominion Bank, National Bank of Canada, dan Royal Bank of Canada.

Peringkat ke-7 dan 8 masing-masing ditempati bank asal Singapura lain yakni United Overseas Bank Ltd dan DBS Group Holdings Ltd yang dikendalikan Temasek Holdings.

Di Indonesia, United Overseas Bank mengendalikan PT Bank UOB Indonesia, sementara DBS Group membawahi PT Bank DBS Indonesia dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

"Perekonomian Singapura stabil dan baik. Bank-bank di Singapura punya kegiatan ekonomi riil yang berhubungan dengan keuangan," komentar CEO OCBC Singapura Samuel Tsien.

"Kami di Kanada memiliki fleksibilitas atas kekuatan kami," sambung Gerald McCaughey, CEO Canadian Imperial Bank of Commerce, yang dibeli JPMorgan Chase & Co.

Dia mengutip data ada 6 bank terbesar di Kanada yang merogoh dana US$ 37,8 miliar sejak 2008 untuk melakukan sekitar100 akuisisi baik di dalam maupun luar negeri.

"Tak ada negara lain yang memiliki bank kuat seperti di Kanada, yang hanya berpenduduk 34,7 juta jiwa dan memiliki 8 bank publik, dua di antaranya pemberi pinjaman daerah."


Bank AS & Eropa

Dari daftar 10 besar pemeringkatan bank yagn dibuat Bloomberg, tak satu pun yang menyebut bank asal Amerika Serikat, kampiun kapitalisme global.

Hanya ada tiga bank asal AS, yakni JPMorgan Chase di peringkat 13, lalu Financial Services Group Inc di rangking 17 dan BB & T Corp di urutan 20.

Peringkat 20 besar itu juga termasuk 4 bank dari Eropa, yakni dua bank berasal dari Swedia dan satu masing-masing dari Inggris dan Swiss.

Bloomberg membatasi pemeringkatan ini pada sejumlah kriteria a.l. bank beraset di atas US$100 miliar, tidak merugi tahun lalu, dan lolos strest test. Berikut peringkat 8 besar bank terkuat dunia:

1. OCBC (Singapura)
2. BOC Hong Kong Holdings (Hong Kong)
3. CIBC (Kanada)
4. Toronto-Dominion Bank (Kanada)
5. National Bank of Canada (Kanada)
6. Royal Bank of Canada (Kanada)
7. United Overseas Bank Ltd (Singapura)
8. DBS Group Holdings Ltd (Singapura)

(Bloomberg/Sdn/Bsi)

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    19 %
    Setuju
    672 respon
  2. 77 %
    Tidak setuju
    2.797 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    146 respon

Total Respon: 3.615
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft