Sun, 29 Apr 2012 23:44:40 GMT | By Republika

Masalah Pengeras Suara Masjid tak Perlu Regulasi

Tidak mungkin mereka (masyarakat) menggunakan pengeras suara masjid untuk mengganggu ketenangan masyarakat sekitar.


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi VIII DPR, Ida Fauziyah, menyatakan masalah pengeras suara di masjid dan mushola tidak perlu diatur. Masyarakat sama sekali tidak membutuhkan regulasi mengenai hal itu karena mereka dapat mengatur sendiri penggunaannya.

"Mereka tahu seberapa besar penggunaan pengeras suara di masjid dan mushola dibutuhkan," jelasnya, saat dihubungi, Ahad (29/4).

Lanjutnya, tidak mungkin mereka (masyarakat) menggunakan pengeras suara masjid untuk mengganggu ketenangan masyarakat sekitar.

Pengelola atau pengurus ta'mir masjid menurutnya pasti berkomunikasi dengan masyarakat sekitarnya terkait penggunaan pengeras suara. Penggunaannya untuk membunyikan tilawah al-Qur'an misalkan, sangat dibutuhkan karena lantunan ayat suci memang menyejukkan hati.

"Masyarakat memang membutuhkan hal itu," paparnya.

Hal ini menurutnya tidak mengusik ketenangan umat agama lain ketika beribadah. Penganut satu agama dengan penganut agama lainnya dapat memahami bahwa suara tilawah al-Qur'an memang dimanfaatkan untuk kepentingan keagamaan Islam.

Pihaknya yakin bahwa penggunaan pengeras suara tidak mengusik toleransi keagamaan yang selama ini dijaga. "Saya rasa ini adalah bagian dari kearifan lokal bangsa yang harus dijaga," imbuhnya.

Ida menerangkan, jika masalah ini dituangkan dalam regulasi khusus, maka nantinya akan memberatkan sejumlah pihak. Belum tentu semua pihak menerima sehingga nantinya akan merasa dirugikan.

Masalah penggunaan pengeras suara untuk mengaji dan adzan ini lebih baik diurus oleh masyarakat tanpa adanya intervensi pemerintah.

Redaktur: Hazliansyah

Reporter: Erdy Nasrul

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    17 %
    Setuju
    1.408 respon
  2. 79 %
    Tidak setuju
    6.406 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    338 respon

Total Respon: 8.152
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft