Sat, 14 Apr 2012 23:05:02 GMT | By Republika

Hak Cipta Si Unyil, Hadiah di Ujung Senja

Berdasarkan sebuah surat perjanjian dengan pihak PFN, Pak Raden sudah menyerahkan hak ciptanya kepada pihak PFN yang saat itu dipimpin Amoroso Katamsi.


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak kenal dengan cerita Boneka Si Unyil? Cerita boneka yang menghiasi layar kaca pada medio 1980-an dan tayang waktu di stasiun TV milik pemerintah, TVRI itu sangat ngetop di zamannya. Hingga kini pun karakter Unyil pun masih kerap digunakan dalam panggung dunia hiburan.

Drs. Suyadi merupakan orang yang berjasa dibalik munculnya tokoh cilik asli Indonesia tersebut. Ia lebih dikenal dengan nama Pak Raden.

Ya, ia merupakan pemrakarsa cerita boneka Si Unyil yang terkenal pada medio 1980-an. Bekerjasama dengan sutradara alm Kurnain Suhardiman, Suyadi diminta oleh Pimpinan Perusahaan Film Negara (PFN), G Dwipayana, untuk membuat sebuah film anak. "Saya diminta membuat film animasi untuk menyaingi film yang saat itu kebanyakan berasal dari luar negeri," ujar Suyadi alias Pak Raden di kediamannya di wilayah Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (14/4).

Karena kondisi pada saat itu tidak memungkinkan untuk menciptakan sebuah film animasi, Pak Raden akhirnya mengusulkan untuk membuat sebuah film boneka. Dan Dipo, panggilan akrab Dwipayana, menyetujuinya.

Film yang dibuat untuk mendidik anak Indonesia ini laris dan menjadi film favorit pada masa itu. Film Boneka Si Unyil tayang hingga 1993 dan menjadi teman bagi anak-anak pada masa itu. Pada saat itu Pak Raden tidak memikirkan mengenai hak cipta. Saat film ditayangkan Pak Raden dengan iklhas menerima royalti yang didapatnya sebagai orang yang berkontribusi dalam pembuatan film. "Saya percaya sepenuhnya kepada PFN," tutur Pak Raden.

Barulah ia merasakan pentingnya hak cipta tersebut sekarang, saat usianya mulai berada di ambang senja. Pak Raden ingin hak cipta boneka si Unyil sebagai hadiah sebelum dirinya meninggalkan dunia.

Namun, berdasarkan sebuah surat perjanjian dengan pihak PFN, Pak Raden sudah menyerahkan hak ciptanya kepada pihak PFN yang saat itu dipimpin Amoroso Katamsi. Dalam perjanjian tersebut disebutkan, Pak Raden telah menyerahkan hak cipta kepada PFN dengan kontrak lima tahun.

Pada saat yang sama terbit pula satu surat perjanjian lain. Surat kali ini berisi hal yang sama. Namun dalam surat perjanjian tersebut tidak disebutkan jangka waktu kontrak hak cipta. "Pun tidak menyebutkan hak cipta 'selamanya' dipegang PFN," ujar Pak Raden.

Kini Pak Raden berharap ia bisa mendapatkan kembali hak cipta boneka karyanya. "Saya tidak lagi selincah dulu. Saya berharap ini menjadi hadiah bagi saya di ujung senja," ujar pria kelahiran 1932 tersebut yang kini membiayai hidup bersama dua kucingnya.

Redaktur: Karta Raharja Ucu

Reporter: Friska Yolandha

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    764 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.198 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    172 respon

Total Respon: 4.134
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft