Sun, 18 Mar 2012 22:13:56 GMT | By Republika

Rakyat Suriah Dibantai, Ibu Negara Sibuk Belanja Perhiasan

Asma Assad kini tinggal di apartemen kepresidenan tiga lantai di Damaskus.


REPUBLIKA.CO.ID, Selama satu dekade, ibu negara Suriah kelahiran Inggris ini dikenal berupaya meyakinkan dunia atas perannya sebagai penyeimbang Bashar al Assad. Bila suami memiliki insting otoriter, maka ia melembutkan sisi keras rezim dengan kegemarannya atas houte couture, teknik adibusana tingkat tinggi dan opini mengenai reformasi ekonomi.

Namun wajah itu sepertinya bakal berubah. Wanita bernama Asma Assad boleh mengklaim tengah berupaya membantu dan membuat nyaman para korban perang sipil. Faktanya, ketika militer di bawah kekuasaan suaminya terus membantai rakyat, ia mencurahkan energinya tidak untuk aksi dermawan, melainkan belanja.

Laman Republika menulis, dalam surat-surat elektronik yang dibobol oleh para oposisi, wanita berusia 36 tahun, putri dari ahli kardiologi di London itu lebih tertarik untuk memiliki sepatu Christian Louboutin, barang-barang mewah yang tengah didiskon di pusat perbelanjaan tersohor London, Harrods, dan juga film Harry Potter. Tak ada tanda-tanda ia akan melakukan 'dialog' demi mengatasi konflik yang seharusnya juga menjadi tanggung jawabnya.

Lembar-lembar kuitansi mengalir tetap dari pembuat perabot di Chelsea dan toko desain interior di Paris. Kondisi itu membuat sosok Asma lebih dekat dengan spirit Imelda Marcos, ketimbang konselor bagi suaminya.

Ayah Asma, Dr Fawas Akhras, diduga telah menasihati putrinya bagaimana menghadapi media terkait dengan surat elektronik yang bocor tersebut. Namun berita itu belum bisa dikonfirmasi keabsahannya.

Asma Assad kini tinggal di apartemen kepresidenan tiga lantai di Damaskus. Berdasar pesan surat elektroniknya, wanita itu telah mengeluarkan ribuan dolar untuk belanja lewat internet ketika kekerasan dan pembunuhan brutal terjadi di Suriah.

Ia juga mendapat kabar bahwa pesannnya berupa empat kalung emas dan permata dari sebuah toko Paris bakal tertunda. Padahal mantan eksekutif Deutsche Bank lulusan ilmu komputer King College, London, itu dulu pernah berkomentar. "Saya tidak berguna bila diajak bicara mengenai perhiasan."

Pada November 2011, ia melakukan kontak dengan keponakan Perdana Menteri Libanon. Korespondensi itu awalnya diduga menyoal strategi penting Libanon untuk mengatasi ancaman terhadap pemerintahan suaminya. Namun, Asma justru meminta untuk dibawakan rilis DVD film Harry Potter terbaru seandainya ia berencana ke Damaskus.

Yang tidak ditemukan dalam email itu ialah percakapan langsung dengan Assad, yang mungkin tertantang bila ada desakan dari istrinya untuk menghentikan pertumpahan darah. Sebaliknya, ketika pembantaian berdarah dilakukan di bawah nama suaminya, ia malah terus menikmati kemewahan.

Namun paling tidak pernikahan mereka tak renggang seperti yang diberitakan media. Dalam satu surat elektronik dikirim pada Desember lalu, Asma menulis. "Jika kita kuat bersama-sama, kita akan bisa mengatasi ini bersama-sama...Saya mencintaimu.

Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari

Sumber: The Independent

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.330 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.332 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    906 respon

Total Respon: 9.568
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft