Thu, 08 Mar 2012 15:40:14 GMT | By Republika

Carlos Slim, Orang Terkaya Sejagad

Jumlah kekayaan sebesar 69 miliar dolar Amerika dari bisnis utamanya di bidang telekomunikasi.


Carlos Slim Terkaya sejagad (© reuters)

REPUBLIKA.CO.ID,JKARTA--Taipan asal Meksiko Carlos Slim selama tiga tahun berturut-turut kembali menduduki peringkat pertama orang kaya di dunia versi Forbes, dengan jumlah kekayaan sebesar 69 miliar dolar Amerika dari bisnis utamanya di bidang telekomunikasi.

Meskipun kekayaannya turun dibandingkan tahun lalu -- yang diperkirakan Forbes bisa mencapai 74 miliar dolar Amerika, kekayaan yang dimiliki Slim jauh berada di atas pendiri Microsoft yang diperkirakan memiliki kekayaan 7 miliar dolar Amerika pada tahun ini. Merosotnya harta Slim tak lepas dari penurun ekonomi dan devaluasi mata uang Peso.

Slim yang saat ini berusia 72 tahun merupakan warga Meksiko keturunan Lebanon. Dia memulai karir bisnisnya pada usia 10 tahun dengan menjual permen dan minuman kepada keluarganya dan dikemudian hari mengukir namanya dengan investasi nan agresif selama krisis.

Slim membangun kekayaannya dengan mengdirikan raksasa telekomunikasi, Telmex, setelah mengakuisisinya dari pemerintah pada 1990. Dia kemudian melakukan perluasan dengan menjangkau layanan seluler dengan mendirikan Telcel yang mendominasi pasar tersebut.

Kini, Grup Carso hadir hampir di seluruh bisnis yang ada di Meksiko seperti swalayan, perusahaan kontruksi, pertambangan dan grup keuangan Inbursa.

Sumber kekayaan Slim saat ini yakni grup telekomunikasi America Movil mempunyai 225 juta pelanggan yang berada di 18 negara mulai dari seluruh Amerika Serikat hingga ke Amerika Selatan.

Meskipun memiliki kekayaan yang luar biasa banyaknya, ternyata Slim menikmati kesederhanaan dalam hidupnya. Di dalam satu biografi disebutkan Slim membatasi gaji bulanannya hingga 24.000 dolar, dan banyak orang yang bertemu dengan Slim mengatakan dia tidak sombong.

Slim mengatakan kepada Forbes kalau dia masih menyetir mobilnya Marcedes yang sudah berumur empat tahun --dengan kawalan keamanan. Seperti layaknya orang kaya di belahan dunia, Slim juga mendermakan sebagian kekayaannya bagi pendidikan dan kesehatan melalui dua yayasan sosialnya. Slim mengatakan tujuan terbesar dalam hidupnya adalah memerangi kemiskinan.

"Membawa orang miskin keluar dari kemiskinan dan kemudian menempatkan mereka dan ekonomi modern adalah langkah yang terbaik bagi perekonomian, negara, masyarakat dan bisnis. Itu merupakan investasi terbaik," kata Slim, seperti ditulis laman Republika, Kamis (08/03).

Slim juga pencinta seni, koleksi yang dimilikinya terbesar di Amerika Latin. Slim mempunyai sekitar 300 karya pemahat asal Perancis, Auguste Roden, Sebagian dari karya-karya itu dipajang di Museum Soumaya di Meksiko City. Soumaya merupakan nama istri terakhir Slim. Bagian depan museum itu berupa lengkungan logam dan dibuka pada tahun lalu.

Slim yang merupakan penggemar fanatik olahraga baseball mempunyai enam anak-anak. Meskipun sehari-hari dia menyerahkan jalannya perusahaan kepada anggota keluarga dan mitranya, bisnis terus tumbuh dan berkembang.

Grup Carso pada Selasa mengumumkan akan menginvestasikan dana sedikitnya 4,7 miliar dolar di Meksiko pada tahun ini.

Sementara Telmex dan Telce berkompetisi dengan perusahaan telepon dan kabel Meksiko, Slim berusaha masuk ke pasar televisi.

Perusahan Slim, America Movil, memberikan paket penawaran berupa telepon, internet dan televisi di seluruh Amerika Latin. Namun di Meksiko, tawaran televisi tersebut sudah diblokir.

Dia memperoleh kemenangan saat pengawas persaingan usaha memblokir perjanjian televisi senilai 1,6 miliar dolar, yang menghubungkan kerajaan bisnisnya dengan dua saluran televisi analog, Televisa dan TV Azteca.

Namun Telcel melakukan banding atas tuntutan senilai satu juta dolar itu yang dituntut oleh pengawas usaha pada tahun lalu atas dugaan praktik monopoli.

Laporan yang dikeluarkan Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) mengatakan kurangnya kompetisi di bidang telekomunikasi di Meksiko menelan dana rakyat Meksiko 25 miliar dolar setiap tahunnya.

Namun Slim dengan tegas membantah jika dia seorang monopolis dimana perusahaannya menerapkan biaya yang mahal. "Itu hanya isu yang dihembuskan oleh para pesaing bisnis, tapi kebenarannya, mereka akan mengambil pasar kami," bantah Slim.

Redaktur: Taufik Rachman

Sumber: antara

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    788 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    3.338 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    176 respon

Total Respon: 4.302
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft