Sun, 15 Jan 2012 23:15:01 GMT | By beritasatu.com

Puluhan Ribu Buruh Kembali Turun ke Jalan, Hari Ini

"Kami akan mengadakan demo di kawasan industri, bukan di depan kantor walikota atau simbol-simbol pemerintahan lainnya."


Forum Buruh Jakarta dan Jabodetabek akan mengadakan demo besar-besaran di kawasan industri Karawang, Cikarang dan Bekasi Timur pada Senin (16/1).

Para buruh itu menuntut kenaikan upah minimum sektoral propinsi (UMSP) atau upah minimum sektoral kabupaten (UMSK), sebesar tujuh hingga 10 persen untuk upah buruh di kawasan metropolitan, penyangga dan Jabodetabek.

Hal itu dikatakan Sunardi, koordinator Forum Buruh Jakarta dan Jabodetabek, hari ini, ketika dihubungi melalui telepon. "Kami akan mengadakan demo di kawasan industri, bukan di depan kantor walikota atau simbol-simbol pemerintahan lainnya," ujar Sunardi, seperti ditulis laman beritasatu.com.

Diperkirakan demo buruh di Karawang dan Cikarang akan melibatkan hingga lebih dari 20 ribu buruh. Sedangkan, di Bekasi Timur sekitar 10 ribu buruh.

Secara terpisah di Jakarta juga akan ada delegasi kaum buruh sebesar 100 - 200 orang yang akan mengadakan pertemuan dengan dinas tenaga kerja provinsi menuntut kenaikan upah tersebut.

Menurut Sunardi, upah kenaikan sektoral sudah ditentukan kenaikannya setiap tahun adalah lima persen berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor 17 dan 26 tahun 2007.
Namun kenaikan tahun ini seharusnya bisa lebih dari lima persen karena secara sektoral, industri garmen pada tahun 2011 mencapai kenaikan ekspor hingga 23,6 persen.

"Berarti upah untuk di sektor garmen bisa naik hingga 10 persen," ujar Sunardi, sambil menambahkan bahwa upah minimum sektoral propinsi mecakup kenaikan upah di sembilan sektor unggulan, yaitu makanan, minuman, pariwisata, garmen, elektronik, mesin, hotel, konstruksi bangunan dan properti.

Penulis: Ismira Lutfia/NUR

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    25 %
    Perlu
    2.019 respon
  2. 66 %
    Tidak
    5.420 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    756 respon

Total Respon: 8.195
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft