Tue, 03 Jan 2012 17:24:39 GMT | By republika.co.id

FBR-Pemuda Pancasila Bentrok, Tiga Krat Molotov Disita

"Sudah ada 18 orang yang kami amankan di Mapolres untuk diminta keterangannya."


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Buntut tawuran antar organisasi massa (ormas) yang terjadi di Ciputat, aparat Polres Metro Jakarta Selatan mengamankan tiga krat bom molotov. Barang bukti ini ditengarai siap digunakan dalam bentork antara ormas Forum Betawi Rempug (FBR) dengan Pemuda Pancasila (PP) ini.

Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Yosie Paulus yang dikonfirmasi menyampaikan, selain barang bukti bom molotov dan sejumlah senjata tajam, polisi juga mengamankan sedikitnya 18 orang anggota salah satu ormas ini.

"Sudah ada 18 orang yang kami amankan di Mapolres untuk diminta keterangannya," tegas Yosie melalui telepon seluernya, Selasa (3/1), seperti ditulis laman Republika.

Untuk mengantisipasi berlanjutnya aksi tawuran ini, lanjutnya, polisi mulai mengidentifikasi faktor utama penyebab keributan tersebut. Dari pendalaman ini polisi akan mendorong masing-masing ormas untuk bisa saling mengendalikan massanya agar gesekan-gesekan antar ormas di Jakarta ini.

Ia juga mengaku, pihaknya juga telah mengetahui lokasi keributan kedua ormas yang selalu berpindah tersebut. Karena keributan terjadi setelah salah satu kelompok massa tersebut melintasi kawasan kelompok lain.

Polres sendiri juga sudah sering kali mengundang mereka untuk melakukan pertemuan dan mengurangi benturan antar kelompok. "Buktinya saat perayaan malam tahun baru, pengamanan wilayah Jakarta Selatan juga dibantu oleh FBR, PP dan FPI," kata Yosie.

Di tempat terpisah, Ketua organisasi massa Pemuda Pancasila (PP) DKI, Roberto Rao mengakui keributan antara omas ini melibatkan sejumlah anggota organisasinya. Beberapa dari anggota tersebut juga mengalami luka terkena sabetan senjata tajam di bagian tangan.

Menurutnya, keributan antara organisasinya dengan kelompok massa lain sudah sering kali terjadi, dan akar permasalahnya hingga kini tidak pernah diketahui. "Kami merasa tidak memiliki masalah dengan kelompok massa lain, hubungan kami baik-baik saja," tegasnya.

Dikatakan pula, PP meminta perlindungan kepada polisi agar insiden tawuran ini tidak terjadi lagi di massa mendatang peristiwa ini harus dicegah agar tidak berkembang di seluruh wilayah lain. Pasalnya ormas yang dipimpinnya berada di seluruh wilayah Indonesia.

Bahkan Roberto mengaku, hubungan ormasnya dan ormas lain tidak pernah terjadi pergesekan. Dalam beberapa kali kesempatan pertemuan yang difasilitasi oleh kepolisian, organisasinya sangat antusias dan pasti selalu hadir.

Beberapa kali kedua ormas ini sudah dipertemukan oleh pihak Polda dalam beberapa kesempatan. "Artinya kepolisian juga, dan jangan dibiarkan," jelas Roberto yang dibuhungi terpisah. Kepolisian Daerah Metro Jaya sendiri juga mengatakan, untuk aksi tawuran masih akan mendominasi ganguan Kamtibnas selama tahun 2012 ini.

Redaktur: Djibril Muhammad

Reporter: S Bowo Pribadi

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    4.913 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.175 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    432 respon

Total Respon: 6.520
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft