Tue, 30 Oct 2012 23:18:58 GMT | By BisnisIndonesia

Makam Nabi Muhammad dibongkar, Dunia Islam Bergolak

Pemerintah Arab Saudi berencana membongkar bulan depan.


Makam Nabi Muhammad di kompleks masjid Nabawie (© epa)

JAKARTA: Rencana Pemerintah Arab Saudi membongkar makam Nabi Muhammad SAW akan menimbulkan gejolak di dunia Islam.

Masdar F. Mas'udi, Rois Syuriah PBNU, menjelaskan jika benar, rencana tersebut hanya menunjukkan adanya paranoid keimanan.

"Alasan bahwa ada ketakutan umat Islam menjadi musyrik karena menyembah makam Nabi, itu sama sekali tidak berdasar. Orang umat juga tahu bahwa itu tidak boleh," ujarnya kepada Kabar24, Selasa (30/10/2012).

Mas'udi menegaskan bahwa sebagai sebuah petilasan, makam Nabi bersama makam dua sahabat Nabi adalah sebuah situs sejarah.

"Penghancuran petilasan itu menunjukkan sebuah tindak yang tidak berbudaya," tegasnya sembari menyebutkan bahwa upaya untuk membongkar makam Nabi Muhammad mulai muncul sejak kaum Wahabi berkuasa di Arab Saudi. "Itu terjadi sejak tahun 1920-an."

Lebih jauh disebutkannya, dalam Musyawarah nasional dan konferensi besar alim ulama di Pesantren Kempek, Kab. Cirebon, soal itu juga sempat dibahas. Para ulama berpandangan sama bahwa pembongkaran makam Nabi Muhammad itu tidak boleh dilaksanakan.

Menyoal tindakan yang akan dilakukan umat Islam, Mas'udi menyebutkan bahwa hal itu pasti akan dilakukan. Namun, tentu tidak bisa diputuskan oleh satu orang melainkan harus melalui pembicaraan dengan banyak pihak.

Rencana Pemerintah Arab Saudi untuk menghancurkan makam Nabi Muhammad dan tiga masjid tertua di dunia bulan depan, memang mengejutkan.

Menurut Irfan al-Alawi dari Yayasan Riset Warisan Islam, sejauh ini belum ada tindakan umat Islam untuk menghalangi aksi pemerintah Saudi yang ingin menghancurkan situs bersejarah ini demi membangun mesjid terbesar dengan kapasitas 1,6 juta orang.

"Ada banyak cara mereka bisa memperluas dengan tetap mempertahankan situs Islam kuno tapi mereka justru ingin merobohkannya," kata Irfan al-Alawi.

"Alasan mereka adalah mereka mereka ingin memperlebar dan menciptakan 20 ruangan di mesjid yang bisa menampung 1,6 juta orang. Itu tidak masuk akal. Satu-satunya hal yang mereka inginkan adalah memindahkan fokus dari tempat Nabi dikuburkan," lanjut Alawi.

Irfan al-Alawi sudah menghabiskan 10 tahun terakhir ini meneliti rencana penghancuran Masjid Nabawi.

Rencana membuldozer bangunan bersejarah ini akan mengambil bagian sayap barat dari masjid. Dalam sayap itu, terdapat makam 2 Khalifah sekaligus sahabat Nabi, yaitu Abu Bakar dan Umar.

Penghancuran situs bersejarah ini bukanlah tindakan pertama pemerintah Arab Saudi di bawah Pemerintahan Raja Arab Saudi Abdullah.

Pada 2007 lalu, Kementerian Urusan Islam Arab Saudi merilis pamflet rencana penghancuran yang mana pamflet tersebut disusun oleh Mufti Besar Arab Saudi, Abdulaziz al-Sheikh. Pamflet tersebut berisi bahwa penghancuran kubah masjid dan meratakan makam Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar berdasarkan fatwa Abdulaziz al-Sheikh.

Gulf Institute mengatakan Riyad telah membuldozer 95% dari bangunan berusia 1.000 tahun di kota suci Mekah dan Madinah selama 20 tahun terakhir dengan tujuan membangun pusat perbelanjaan, gedung pencakar langit dan hotel mewah.

Sementara itu, juga muncul kecurigaan bahwa penghancuran makam itu akan diiringi dengan pembangunan gedung mewah. (Kabar24/sae/bas)

35Komentar
31 Okt, 2012 09:00
avatar
Inilah bagian dari ramalan nabi Muhammad bahwa umat Islam itu akan hancur dari dalam, bukan akibat umat lain. Setelah ini akan terjadi pertentangan besar dalam umat Islam sendiri. Dapatkah kita semua menghindarinya. Nabi pernah mengatakan bahwa kelak umat Islam akan hanya menjadi setitik noda pada kulit sapi. Artinya, jumlahnya menyusut drastis, karena pesimisme di dalam dan pertentangan yang diakibatkan oleh hal2 semacam ini. Kita semua akan melihat, ini bukan akan jadi hal yang pertama. Ini adalah awal. Bisakah kita menghindarinya, padalah Allah telah menetapkan takdir yang semacam itu? Ini seperti melihat Titanik tengelam perlahan meluncur kekedalaman laut tak terbatas. Yang kita miliki saat ini adalah pilihan untuk bersikap.
31 Okt, 2012 08:44
avatar
Marilah kita, Kaum muslimin/muslimat berdoa bersama agar tindakan kesewenang2an para penguasa Arab terbatasi. Nabi Muhammad SAW adalah kekasih Allah SWT dan tentu Allah SWT jualah yang akan menjaganya...........Amin
31 Okt, 2012 09:08
avatar

Astaghfirullah..

ya Allah

jangan biarkan tanggan tangan orang seperti mereka menghancurkan makam kekasihMU dan orang-orang yang paling mulia (Rosulullah SAW, As Shiddiq RA, dan Al Faruq RA) sebagaimana engkau tidak membiarkan pasukan abrahah menyentuh ka'bah ketika berniat menghancurkannya..
Amiin..

31 Okt, 2012 08:19
avatar
Semoga semua aliran agama Islam, Organisasi Islam dan Pemimpin Islam yang mengikuti ajaran Nabi  Besar Muhammad S.A.W, segera melakukan perundingan atau pertemuan untuk membahas lebih dalam masalah ini. Agar jangan sampai timbul pertikaian antar kaum muslim dan atau antar aliran Islam yang jumlahnya sangat banyak ini. Semoga kedamaian dan keadilan selalu ada.
31 Okt, 2012 09:19
avatar
INI TANDA ISLAM MAU RUNTUH, AKIBAT ZAMAN MAU KIAMAT....
31 Okt, 2012 10:39
avatar
Ya Allah Kau Maha Segalanya yang dapat menghidupkan dan mematikan, berilah ajab yang setimpal kepada orang orang yang memusuhi ISLAM
31 Okt, 2012 16:22
avatar
pelan2 akhirnya mulai tebuka juga kebenaran tu,, wahai umat manusia cepatlah taubat...
31 Okt, 2012 20:15
avatar
Hayoh, jangan salahin agama lain kalo ini jadi kenyataan (melirik pada Yahudi). Ini lebih pada upaya Arab Saudi untuk mengeruk duit lebih banyak dari ibadah haji.
31 Okt, 2012 10:43
avatar
Jangan kaget ya,, Arab itu memang licik dari dulu bahkan sejak Nabi Muhammad belum ada pun kaum Quraisy memang sudah licik banget.. dlu saya selalu di hujat kalo ngomongin kejahatan para Arabian dng dalih negara islam, jangan salah bung, Islam itu bukan Arab dan arab bukanlah Islam malah yg ada antara Arab dengan Islam itu sering bertolak belakang.... kalo mau banyak diskusi Antara arab dengan islam bisa aja antum follow twitter saya @HadiSantosa..... semoga berkah dan manfaat. Jazzakhallah Koir...
31 Okt, 2012 11:28
avatar
Semoga hal ini tidak jadi dilaksanakan. Terlaknat para raja Arab Saudi.....orang Islam juga paham kalau Rasulullah itu nabi, bukan makhluk yang disembah....hanya Allah SWT. yang patut disembah...

Saat seseorang datang ke tanah suci...selain mendekatkan diri pada Allah SWT., menjalankan perintahnya, napak tilas perjuangan Rasul dan sahabat merupakan unsur yang sangat2....sangat2...penting....

Dasar pemerintah Arab Saudi jahanam bikinan Yahudi Lawrence the Arabia....


31 Okt, 2012 18:37
avatar
Astaghfirullah...
Ya Allah...

Kalau ini benar terjadi, bagaimana orang-orang muslim di seluruh penjuru dunia akan berziarah ke makam beliau?
Apakah ini merupakan tanda-tanda akhir zaman?...

31 Okt, 2012 14:26
avatar
tanda akhir zaman..., diikhlaskan saja biar Allah yg jaga انّا للہ و انّا الیہ راجعون
2 Nov, 2012 21:02
avatar


http://www.konsultasisyariah.com/fitnah-arab-saudi-akan-menggusur-makam-nabi/?t=Fitnah%21+Arab+Saudi+akan+Menggusur+Makam+Nabi
31 Okt, 2012 17:48
avatar
Berita ini sudah saya terjemahkan di  dari sumbernya.
31 Okt, 2012 19:09
avatar
coba di cek dulu kebenarannya...., mungkin boleh di tanyakan sama komjen arab saudi di indonesia misalnya....? Apa benar Tuan Arab ingin membongkar Makam leluhur sampeyan....?
31 Okt, 2012 14:39
avatar
Astagfirullah
Ternyata orang lain banyak cara untuk menghancurkan Islam, islam itu adalah Rahmatan Lil Alamin untuk semua umat manusia bukan hanya islam saja tetapi untuk semua manusia di muka bumi, sekarang dengan terang-terangan mempengaruhi umat islam sendiri, apakah jaman Jahiliyah sudah meraja lela kembali, jangan-jangan akan timbul kembali kebangkitan umat islam kedua 
31 Okt, 2012 18:33
avatar
Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kejahatan syaitan dan sekutu-sekutunya. Lindungilah makam kekasihMu Ya Allah dan sahabat kekasihMu. Semoga ini tanda-tanda keruntuhan kerajaan Saud ..... Amiin

5 Nov, 2012 18:06
avatar
Monggo mawon mau dibongkar....semua ada benarnya juga ada salahnya....tergantung mau pake kacamata kuda....eh kaca mata apa gitu?kaca mata ahli sejarah ...yaa menyayangkan situs seperti itu dibongkar/napak tilas.....kaca mata ahli syariat waduuh sayang banget ....bahkan hampir ada yang mengkeramatkan......pake kaca mata ahli hakekat yaa silahkan aja dibongkar toh emang yang disemayamkan itu si adam yang tiada dan sama seperti adam2 yang lain tapi hakekat Rosululloh ada dalam diri anda masing2  mas brow.......?
12 Nov, 2012 01:09
avatar
gue pasang badan untuk melindungi makam Nabi Muhammad SAW.
gue Cinta Rosulullah

Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    685 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    2.865 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    154 respon

Total Respon: 3.704
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft