Wed, 12 Sep 2012 16:13:01 GMT | By Merdeka

Sebut Jaran Kepang Terburuk di Dunia, Bibit Harus Minta Maaf

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menilai kesenian jaran kepang atau jathilan adalah kesenian yang paling jelek sedunia.


Jatilan (© Merdeka)

Pegiat seni yang tergabung Komunitas 'Ebeg' (kuda kepang) Banyumas berunjuk rasa di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Mereka menuntut Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meminta maaf atas pernyataannya yang dinilai melecehkan kesenian kuda kepang.

Dalam aksi unjuk rasa itu para pegiat seni kuda kepang ini membawa spanduk bertuliskan 'Bibit Tidak Layak Jadi Pemimpin Jateng'. Selain itu, mereka juga menggelar tarian kuda kepang halaman di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, Purwokerto

Salah satu seniman kuda kepang, Sugeng, mengatakan Komunitas 'Ebeg' Banyumas merasa dilecehkan dengan pernyataan Bibit yang mengatakan bahwa kesenian jaran (kuda) kepang adalah kesenian yang paling jelek se-dunia.

"Seorang pemimpin harus berani minta maaf jika salah," katanya seperti dilansir dari Antara, Rabu (11/9).

Menurut dia, kuda kepang dalam kesenian 'Ebeg" (kuda kepang) merupakan gambaran sifat seseorang yang harus bisa mengendalikan diri.

"Bibit harus pulang, 'bali ndeso' untuk mengaji sehingga bisa menghargai kesenian yang berakar pada budaya," kata pegiat seni lainnya, Arno Suprapto.

Ia mengatakan, kesenian kuda kepang yang banyak berkembangi ini berakar pada budaya masyarakat Jateng.

Koordinator aksi, Surya Esa mengatakan, Komunitas 'Ebeg' Banyumas menyatakan sikap protes terhadap pernyataan Gubernur Jateng Bibit Waluyo yang dinilai melecehkan kesenian kuda kepang.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya meminta Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk menyampaikan pernyataan sikap Komunitas 'Ebeg' Banyumas kepada Gubernur Jateng.

Aksi unjuk rasa tersebut diterima Wakil Bupati Banyumas Achmad Husein di halaman Pendopo Sipanji. "Pernyataan sikap saudara-saudara akan saya sampaikan kepada Bupati. Saya sekadar menyampaikan, tidak bisa mengambil kebijakan," katanya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menilai kesenian jaran kepang atau jathilan adalah kesenian yang paling jelek sedunia. Hal itu disampaikan Bibit saat memberi sambutan dalam acara The 14th Merapi and Borobudur Senior's Amateur Golf Tournament Competing The Hamengku Buwono X Cup di Borobudur International Golf and Country Club Kota Magelang, Minggu (9/9).
[did]

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.287 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.196 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    885 respon

Total Respon: 9.368
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft