Tue, 24 Jul 2012 20:35:11 GMT

Telkom Kirimkan 40 Mobil Internet ke Bitung

Tahun ini pemeritah telah menyerahkan 105 mobil yang diserahkan ke Sulsel, dan mobil internet kali ini, merupakan yang ke 1.600.


Telkom melepas 40 mobil internet ke Bitung.

PlasaMSN - Hari ini Telkom memberangkatkan 40 Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) ke wilayah kabupaten Bitung, Provinsi Sulawesi Utara untuk meningkatkan penetrasi internet pada tingkat kecamatan.

40 mobil warung internet itu merupakan bagian dari program Universal Service Obligation (USO) yang diambil dari 1,25% pendapatan operator telepon seluler.

"Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan, salah satu upaya kami adalah menyediakan akses di tiap kecamatan, melalui program PLIK dan MPLIK," ujar Ketua BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika) Santoso, di sela-sela pemberangkatan MPLIK yang menggunakan KRI Teluk Penyu, di Dermaga Perak Surabaya, seperti dikutip dari rilis Telkom, Selasa (24/7).

Skema layanan Internet, Santoso melanjutkan, bergantung pada topografi wilayah. Sebab, selama ini Indonesia terdiri dari kepulauan sehingga bagi wilayah yang tidak tersedia layanan kabel, maka harus menggunakan akses satelit, VSAT.

Idealnya layanan Internet menggunakan kabel, untuk wilayah yang sudah dijangkau oleh saluran fixed line, maka disediakan PLIK di tiap kecamatan. Sedangkan yang belum dijangkau PLIK, maka BP3TI menyediakan layanan mobil PLIK.

Staf Ahli Menteri Kominfo bidang Teknologi, Prof Dr Ing Kalamullah Ramli mengatakan, penyediaan perangkat PLIK selama ini dilakukan oleh empat perusahaan pemenang tender sejak Maret 2010.

Keempat perusahaan itu antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Jastrindo Dinamika, PT Sarana Insan Muda Selaras, serta PT Aplikanusa Lintasarta.

MPLIK dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang meliputi 5 terminal untuk pengguna berupa laptop, Genset, server, diatas mobil tersebut terdapat pula antenna parabola VSAT.

Tahun lalu, Santoso menerangkan, pemerintah pusat telah menyerahkan 105 mobil yang diserahkan ke Sulsel. Dan MPLIK kali ini, merupakan yang ke 1.600, kata Santoso. Akses Internet yang disediakan adalah sekitar 256 kbps, dan sudah dilengkapi software Nawala untuk memastikan penggunaan Internet Sehat dan Aman.

Khusus untuk PT Telekomunikasi Indonesia, Tender pengadaan MPLIK digelar sebanyak 6 paket pekerjaan, antara lain, Paket 4 (Jambi, Riau, Kepulauan Riau), Paket 12 (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo), Paket 13 (Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara), Paket 14 (Sulawesi Selatan), Paket 17 (Kalimantan Tengah), Paket 20 (Papua dan Irian Jaya Barat).

Program MPLIK juga diharapkan akan mendukung program Broadband Ready yang kini digelar Telkom. Dengan Broadband Ready, Telkom akan meningkatkan kualitas jaringan kabelnya, sehingga semua rumah bisa mencoba akses internet broadband selama sebulan secara gratis. MPLIK akan membantu masyarakat tentang manfaat akses internet.

0Komentar

poling berita

Setujukah Anda terhadap sikap pemerintah yang melegalkan aborsi?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    18 %
    Setuju
    1.281 respon
  2. 78 %
    Tidak setuju
    5.720 respon
  3.  
    4 %
    Tidak tahu
    302 respon

Total Respon: 7.303
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft