Sat, 07 Jul 2012 23:50:16 GMT | By Plasadana

Beginilah Para Pembobol Rekening Bekerja

Pembobolan bisa terjadi saat seorang staf log on atau masuk ke situs bank lewat internet.


Plasadana.com - Mei tahun ini jadi mimpi buruk bagi Lloyd Keilson, pendiri Lifestyle & Display Inc, pembuat manekin dan importir. Rekeningnya dibobol US$ 1,2 juta atau Rp 10,8 miliar. Hanya dalam hitungan jam. Inilah kisahnya.

Keilson awalnya tidak begitu yakin akan kasus yang dialami. Komputer perusahaannya yang menggunakan sistem operasi windows 7 sudah diamankan dengan anti-virus. Bahkan komputernya sudah menggunakan sistem pengamanan internal (firewall) untuk koneksi ke internet.

Menurut Keilson, kantornya menggunakan komputer keluaran Dell Inc. Sedangkan anti-virus yang ditanam dalam program komputernya adalah Neatsuite, dibeli dari Trend Micro Inc., perusahaan pengamanan dari Jepang.

Michael Sweeny, juru bicara Trend Micro mengungkapkan bahwa Neatsite merupakan produk lama.

Bagaiaman cara kerja pembobolan itu? Menurut ahli yang dikutip Wall Street Journal, bisa terjadi saat seorang staf log on atau masuk ke situs bank lewat internet. Ternyata, dia digiring ke halaman palsu, yang sama persis dengan tampilan situs asli bank.

Kata kunci yang dibuat dengan sistem tanda (token) cenderung langsung valid hanya dalam dua menit. Ini, kata ahli keamanan situs, penting untuk diketahui bahwa Keilson tiak dapan mengonfirmasi apa yang terjadi.

Lalu mengapa bank mengizinkan transfer?

Dengan skenario seperti itu, bank cenderung tidka menyadari adanya kesalahan. Sebab bank hanya tahu ada yang masuk melalui informasi yang benar. Nah, kejahatan maya sering kali transfer uang yang dicuri dari rekening korban menggunakan kata kunci yang dibuat melalui sistem tanda (token) tadi guna menghindari deteksi.

Bagaimana virus bisa masuk ke komputer yang dilengkapi anti-virus?

Terkadang pengguna komputer mengunduh virus tanpa dia sadari. Caranya dengan meng-klik sebuah situs, iklan, atau lampiran dalam email yang ternyata mengandung kontn virus berbahaya. Ini sama saja mengundang virus masuk. Keilson tentu tidak tahu apakah ada stafnya yang melakukan ini.

Semebenarnya piranti anti-virus dibuat untuk mengenali sejumlah material yang berbahaya. Namun para pembajak lebih cepat bergerak, dengan cepat mengubah triknya.

Karena itu, pesan dari para ahli keamanan sederhana: hat-hati dengan material dala situs dan lampiran pada email. Jika Anda tidak kenal atau tak percaya dengan sumbernya, jangan buka.

Sedangkan untuk ke bank, yang paling sederhana adalah batasi penarikan atau transaksi lewat online. Jika lebih dari batas, minta bank agar lebih dulu minta otoritasi atau persetujuan lewat lisan.

PENULIS : Aci Ananda

0Komentar

poling berita

Menurut Anda, perlukah pemerintah membayar diyat Satinah yang didenda Rp 21 miliar oleh majikannya di Arab?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1.  
    24 %
    Perlu
    2.275 respon
  2. 67 %
    Tidak
    6.175 respon
  3.  
    9 %
    Tidak tahu
    881 respon

Total Respon: 9.331
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft