Fri, 06 Jul 2012 11:43:17 GMT | By Plasadana

Apa yang dilakukan oleh Orang Sukses di Pagi Hari?

Kebanyakan eksekutif memulai harinya lebih awal.


Kebiasan orang kaya (© Plasadana)

Plasadana.com - Apa saja yang dilakukan oleh orang-orang sukses di pagi hari ketika mereka bangun tidur dan sebelum sarapan? Ternyata, tiap orang sukses memiliki kisahnya sendiri.

Kita telah mengetahui bahwa kebanyakan eksekutif memulai harinya lebih awal. Mereka menyadari bahwa kemauan yang keras adalah yang sesuatu paling kuat di pagi hari, dan kebanyakan mereka mendapatkan manfaatnya.

Faktanya kita menghabiskan waktu di pagi hari untuk merencanakan bagaimana target produktifitas seharian ini. Demikian diungkapkan oleh Ahli Karir, Laura Vanderkam, yang baru saja meluncurkan sebuah buku elektronik karyanya berjudul "What The Most Successful People Do Before Breakfast".

Business Insider mewawancarai Vanderkam untuk mendapatkan saran bagaimana kita bangun pagi setiap hari dan apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses di pagi hari.

Menurut Vanderkam, pagi hari menjadi kunci untuk memiliki kendali terhadap jadwal. Jika bisa memanfaatkannya secara bijak, maka kita bisa membangun kebiasaan yang membuat hidup lebih bahagia dan lebih produktif. Hal itulah mengapa jam-jam lebih awal di pagi hari adalah sangat penting.

Vanderkam menjelaskan, orang-orang sukses menggunakan waktu paginya untuk melakukan pekerjaan yang tidak mungkin mereka bisa lakukan di sore hari. Sementara kebanyakan dari kita masih di tempat tidur, beraktifitas di pagi hari bisa membantu memperbaiki kesehatan, karir, dan kehiudupan pribadi tanpa mengorbankan kehidupan normal mereka.

"Orang-orang sukses menyadari bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan sesuatu hingga tuntas," ungkapnya.

Dari hasil wawancaranya dengan beberapa sumber yang sukses di karirnya, Vanderkam, mengungkapkan bahwa beberapa orang sukses menghabiskan waktu pagi harinya dengan berolahraga, melakukan pekerjaan kreatif, atau menghabiskan waktu secara berkualitas dengan keluarga.

Alasan kenapa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu dengan tuntas adalah karena di pagi hari persediaan kemauan keras dan disiplin kita masih penuh. Kedisiplinan diri seperti otot bagi kita untuk melakukan pekerjaan hingga berhasil. Namun kedisiplinan diri ini akan semakin melemah seiring berjalannya hari dan semakin melemah menjelang malam.

Kemudian di pagi hari setelah semalam tidur nyenyak, maka kita akan bangun dengan segar dan persediaan kedisiplinan diri akan kembali menjadi penuh. Sehingga kita bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus dan disiplin.

Menurut Vanderkam, beberapa contoh orang sukses melakukan sesuatu yang hebat di pagi hari. Mantan CEO Pepsi, Steven Reinemund, bercerita bahwa dia bangun pagi hari dan melakukan kebiasaannya olah raga lari sepanjang 4 mil setiap hari pada pukul 05.00 pagi.

Gretchen Rubin, penulis buku best seller "The Happinest Project" bangun setiap jam 06.00 pagi. Kemudian merencanakan bagaimana dia menjalani harinya.

Aktivitas beberapa orang sukses lain di pagi hari, di antaranya melakukan meditasi, bersembahyang dan berdoa, serta melakukan pekerjaan kreatif atau semua hal yang akan mereka lakukan hari itu. Pagi hari yang sempurna berbeda bagi beberapa orang tergantung dari apa yang mereka inginkan agar pagi harinya menjadi sempurna.

Untuk membuat kebiasaan baik di pagi hari, bisa melakukannya dengan perlahan. Kata Vanderkam, di antaranya bisa pergi tidur lebih awal 15 menit dan bangun pagi 15 menit lebih awal. Lakukanlah hal itu sampai merasa nyaman. Di lain sisi, ciptakan lingkungan di mana orang-orang sekeliling mendukung Anda.

Selain itu berikanlah penghargaan atas capaian-capaian ketika Anda bergerak maju. Seperti menjanjikan tiket konser apabila berhasil memperbaiki kebiasaan akan menjadi motivasi eksternal yang membantu.

PENULIS : Abdul Malik

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 78 %
    Yakin
    1.603 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    345 respon
  3.  
    5 %
    Tidak tahu
    120 respon

Total Respon: 2.068
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft